ADVERTISEMENT

Tolong! 500 Korban Kebakaran di Cikini Butuh Obat hingga Makanan

Brigitta Belia - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 17:52 WIB
Kebakaran di permukiman di Menteng, Jakpus, menyebabkan 500 jiwa terdampak. Kebakaran tersebut melanda daerah yang luasnya sekitar 2.000 meter persegi itu. (Brigitta Belia/detikcom)
Kebakaran di permukiman di Menteng, Jakpus, menyebabkan 500 jiwa terdampak. Kebakaran tersebut melanda daerah yang luasnya sekitar 2.000 meter persegi itu. (Brigitta Belia/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 75 keluarga atau 500 orang dilaporkan menjadi korban kebakaran di permukiman padat penduduk di Jalan Cikini Kramat, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus). Warga yang terdampak kebakaran membutuhkan bantuan obat-obatan hingga makanan.

"Warga banyak yang membutuhkan obat-obatan dan makanan karena semuanya kan sudah ludes kebakar. Tempat istirahat juga, makanya kita buat tenda sementara," ungkap Ketua RT 004, Ahmad Yani, saat ditemui di lokasi, Selasa (27/9/2022).

Yani mengatakan pihak pemerintah setempat saat ini sudah berkoordinasi akan memberi bantuan berupa bahan makanan dan segala bahan kebutuhan anak.

"Tadi diberi tahu ada susu, popok bayi, dan baju bekas. Tadi pagi sih sudah koordinasi dengan pengurus. Di sana juga sudah ready tiga orang, tiga orang dokter itu mempersiapkan kalau korban kebakaran ada yang sakit," ungkapnya.

Yani menambahkan saat ini warga telah menerima bantuan dari berbagai pihak, seperti makanan, baju, dan selimut.

Diketahui bantuan tersebut berasal dari kelurahan, kecamatan, dan kapolsek setempat.

Sekitar 30 rumah semipermanen di Cikini, Menteng, Jakpus, hangus terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 2,5 miliar (Brigitta Belia/detikcom)Sekitar 30 rumah semipermanen di Cikini, Menteng, Jakpus, hangus terbakar. Kerugian diperkirakan Rp 2,5 miliar (Brigitta Belia/detikcom)

"Sudah berdatangan bantuan dari banyak pihak. Tapi mungkin yang pertama isi perut dulu ya, seperti makanan, minuman, sama tempat istirahat. Kebetulan kalau tempat istirahat ini sudah disediakan di dekat pos RW posko darurat kebakaran," ucapnya.

Kebakaran terjadi di Jalan Cikini Kramat, Pegangsaan, Menteng, Jakpus, pada pagi tadi sekitar pukul 04.35 WIB. Sebanyak 30 rumah semipermanen ludes terbakar dan 21 rumah lain terbakar sebagian.

Kebakaran hebat diduga berawal dari ledakan akibat kebocoran gas dari kompor salah satu pedagang bubur yang berada di permukiman tersebut. Salah satu warga yang bekerja sebagai tukang bubur bernama Daryono (45) menjadi korban luka dalam kebakaran tersebut.

Kebakaran tersebut diduga menimbulkan kerugian Rp 2,5 miliar. Mirisnya, ketika terjadi kebakaran, sebanyak lima motor warga dicuri.

"Iya, yang baru kami terima laporannya ada tiga, tapi kata warga sini totalnya ada lima motor (yang hilang). Jadi nanti pengembangan dulu, kami selidiki dulu," kata Kapolsek Menteng Kompol Netty Rosdiana.

Polisi akan memeriksa sejumlah saksi terkait hilangnya lima motor saat kebakaran terjadi. Dia berharap hasil pemeriksaan para saksi dapat menjadi petunjuk penyelidikan.

Lihat juga video 'Kobaran Api Melahap Permukiman Warga di Kemayoran Jakpus':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT