Massa Demo Buruh Tani Bubarkan Diri dari Depan Gedung DPR

ADVERTISEMENT

Massa Demo Buruh Tani Bubarkan Diri dari Depan Gedung DPR

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 17:48 WIB
Massa demo hari Tani Nasional di depan Gedung DPR RI membubarkan diri (Rizky-detikcom)
Massa demo Hari Tani Nasional di depan gedung DPR RI membubarkan diri. (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Massa yang menggelar demonstrasi peringatan Hari Tani Nasional di depan gedung MPR/DPR RI, Jakarta, membubarkan diri. Massa bubar setelah menyampaikan aspirasi terkait nasib petani.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (27/9/2022), massa mulai membubarkan diri sejak pukul 17.00 WIB. Massa berjalan ke arah Cawang.

Spanduk-spanduk tuntutan massa aksi masih terpasang di gerbang DPR RI. Petugas kebersihan mulai membereskan sisa-sisa sampah demo.

Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto sendiri tampak ramai lancar. Petugas kepolisian terlihat masih berjaga di sekitar DPR.

Dalam demo tersebut, ada sejumlah tuntutan yang disampaikan. Pertama, mereka menuntut agar reforma agraria dijalankan dengan baik di Indonesia.

"Untuk memastikan petani, buruh tani, seluruh rakyat, masyarakat miskin, kaum perempuan di desa, memperoleh hak konstitusionalnya atas tanah dan sumber-sumber agraria. Untuk itu, kita harus terus memperjuangkan, menuntut, meneriakkan aspirasi agraria, dengan menuntut segera dijalankan reforma agraria sejati di Indonesia," kata Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika.

Massa buruh dari KASBI yang ikut aksi itu menuntut pembatalan kenaikan harga BBM hingga pencabutan omnibus law UU Cipta Kerja. Selain itu, massa mahasiswa meminta agar reforma agraria di Indonesia dijalankan dengan baik.

"Hari ini kita memperingati Hari Tani yang memang kita memperjuangkan para petani juga. Siang hari ini kita mencoba menyuarakan-membantu kawan-kawan yang telah berjuang dari pagi. Kita suarakan siang ini," kata Koordinator BEM SI, M Yuza.

Lihat juga video 'Tiga Tuntutan Massa Petani-Buruh Demo di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT