Satpol PP Bongkar 265 Lapak PKL di Bubulak Bogor untuk Dibangun Pedestrian

ADVERTISEMENT

Satpol PP Bongkar 265 Lapak PKL di Bubulak Bogor untuk Dibangun Pedestrian

M Sholihin - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 17:14 WIB
Satpol PP Bongkar 265 Lapak PKL di Bubulak Bogor
Satpol PP Bongkar 265 Lapak PKL di Bubulak Bogor (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Sebanyak 265 lapak pedagang kaki lima (PKL) di terminal angkot Bubulak Jalan Raya Cifor, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, dibongkar Satpol PP. Pembongkaran dilakukan karena di area itu akan dibangun taman dan jalur pedestrian.

Pembongkaran dilakukan siang tadi oleh petugas Satpol PP Kota Bogor. Ratusan personel gabungan TNI-Polri juga disiagakan di lokasi untuk pengamanan. Satu per satu bangunan semipermanen yang biasa digunakan untuk berdagang dirobohkan menggunakan kendaraan alat berat.

Aminah, salah satu pedagang, tampak tak kuasa menahan tangis menyaksikan lapak semipermanen miliknya dibongkar. "Dibongkar ya Allah, dibongkar," ucap Aminah sambil menangis di pelukan seorang wanita yang mencoba menenangkannya, Selasa (27/9/2022).

Pedagang lainnya bernama Anang mengaku sudah 15 tahun menggunakan lapak itu untuk berdagang sekaligus tempat tinggal. Sehari-hari dia dan istrinya berjualan es kelapa dan minuman lain di lapak tersebut.

"Dari dulu emang tinggalnya di sini, sama istri sama anak-anak. Saya dari 2006. Barang-barang juga semua masih di dalam, sekarang sudah dikeluarin. Kalau peringatan dari Pol PP memang ada, tapi kan dikira nggak dibongkar sekarang," kata Anang ditemui di lapaknya.

"Ini bingung saya jadinya, belum punya tempat tinggal. Nggak tahu mau tinggal di mana jadinya," tambahnya.

Kasatpol PP Kota Bogor Agustian Syach mengatakan pembongkaran dilakukan karena lokasi PKL berada di lahan Pemkot Bogor dan akan dibangun taman dan pedestrian.

"Hari ini kita lakukan pembongkaran di lahan Pemkot di Kecamatan Bogor Barat, masuk di dua kelurahan, Situgede dan Bubulak. Ada 265 lapak yang kita bongkar, bangunannya semipermanen semua, alhamdulillah semua berjalan kondusif. Peruntukannya nanti untuk (jalur) pedestrian, dan penataan di kawasan Bogor Barat ini," tambahnya.

Agustian mengatakan Pemkot Bogor sedang berkoordinasi untuk menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat bagi para pedagang yang tergusur.

"Nah ini rencananya Pak Camat dan tim dari UMKM (Dinas Koperasi dan UMKM) sedang mendalami rencana relokasi untuk pedagang, mengapa kita bongkar sekarang, karena pekerja-pekerja proyek (untuk pedestrian) sudah harus mulai bekerja sejak sekarang. Jadi pascapembongkaran ini nanti ada pekerjaan dari Dinas PUPR," ucapnya.

Lihat juga video 'Satpol PP Padang Diserang PKL Saat Lakukan Penertiban':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT