Polisi Imbau Warga Bali Tak Parkir Kendaraan di Pinggir Jalan saat G20

ADVERTISEMENT

Polisi Imbau Warga Bali Tak Parkir Kendaraan di Pinggir Jalan saat G20

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 14:52 WIB
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi
Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi mengimbau warga Bali tak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan saat kegiatan G20 berlangsung. Polisi juga tengah memaksimalkan penggunaan e-TLE maupun kendaraan listrik.

"Ini satu langkah besar menangani satu lalu lintas, bisa memanfaatkan kamera-kamera ini dengan banyak hal dengan pemantauan perjalanan bisa melihat kondisi traffic terdampak dari adanya rekayasa dari kegiatan yang dilaksanakan," Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/9/2022).

Firman menyebut operasi pengamanan ini nantinya akan terpusat. Dalam operasi ini, pihak selain Polri juga banyak dilibatkan.

"Bapak Kapolri sudah memberikan arahan bahwa operasi ini sifatnya adalah operasi kewilayahan. Sekarang ditarik menjadi demokrasi terpusat. Artinya, beliau melihat satu potensi kesiapan yang jauh lebih besar yang harus kita laksanakan sehingga dapat mengangkat struktur organisasi ini menjadi operasi terpusat," katanya.

Firman mengatakan operasi ini bersifat preventif seperti penjagaan-penjagaan, pengaturan, mencadangkan kegiatan yang bersifat kontingensi sampai penanggulangan bencana. Semuanya akan dijaga sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan, keamanan, tanpa adanya ketakutan di masyarakat.

Lalu, Firman mengatakan pihaknya juga telah melakukan pelatihan bersama Paspampres terkait cara bertindak dalam melakukan pengamanan. Korlantas juga nantinya akan memaksimalkan kelancaran lalu lintas agar masyarakat nyaman.

"Kami sudah melakukan survei seperti pada kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan, berapa personel yang harus dilibatkan di titik-titik tadi dan seluruhnya dioptimalkan untuk kelancaran lalu lintas bersama, agar masyarakat tidak merasa terganggu," katanya.

Selanjutnya, dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan pada tanggal-tanggal tertentu. Ruas jalan yang sekiranya tidak cukup lebar akan diterapkan buka-tutup jalan.

"Ruas jalan yang tidak mungkin dilakukan secara dua lajur berlawanan langsung akan di tutup sementara jadi sifatnya buka tutup di jalan-jalan tertentu," ujarnya.

"Bagaimana masyarakat ikut menyiapkan kegiatan ini dengan para pemilik kendaraan tidak memarkirkan kendaraan yang ada di pinggir jalan," tambahnya.

Simak video 'Upaya Pemerintah Jadikan Bali Bebas Wabah PMK Jelang G20':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT