Menparekraf Minta Para Menteri Anggota G20 Dukung Pemulihan Global

ADVERTISEMENT

Menparekraf Minta Para Menteri Anggota G20 Dukung Pemulihan Global

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 12:31 WIB
Kemlu
Foto: dok. Kemlu
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan para pekerja di sektor pariwisata telah bekerja keras selama masa pandemi COVID-19. Oleh karena itu, ia meminta Menteri Pariwisata G20 perlu mendukung dan terus berupaya meningkatkan pemulihan wisata dan ekonomi.

"Pekerja pariwisata kami telah bekerja selama 2 tahun terakhir di tengah begitu banyak tantangan. Kami berutang kepada mereka untuk melakukan segala daya kami sehingga pariwisata dapat pulih sepenuhnya," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022).

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat Pertemuan Menteri Pariwisata G20 di Bali, Senin (26/9) kemarin. Para Menteri Pariwisata G20 turut mengundang negara dan perwakilan dari organisasi internasional lainnya untuk membahas langkah ke depan memulihkan pariwisata yang berpusat pada masyarakat dan komunitas lokal.

Sandiaga juga menegaskan akan pentingnya mendorong transisi pariwisata menjadi lebih sadar lingkungan. Hal ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan masa depan pariwisata.

"Transisi ini menawarkan peluang signifikan bagi pertumbuhan pariwisata dan menciptakan lapangan pekerjaan," katanya.

Pertemuan tersebut juga membahas pentingnya pemulihan ekonomi global, juga perlunya meningkatkan sistem perjalanan lintas batas negara untuk mendorong pariwisata.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Pariwisata G20 berhasil menyetujui Bali Pedoman 'Penguatan Komunitas dan UMKM sebagai Agen Transformasi Pariwisata - A People-Centered Recovery' yang terdiri dari rekomendasi untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata, yaitu:

  • Sumber daya manusia
  • Inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif
  • Pemberdayaan perempuan dan pemuda
  • Aksi iklim, konservasi keanekaragaman hayati, dan ekonomi sirkular
  • Kerangka kebijakan dan investasi.

Rangkaian Pertemuan Menteri Pariwisata G20 selanjutnya akan dilanjutkan dengan Perayaan Hari Pariwisata Dunia pada tanggal 27 September 2022 dengan mengusung tema 'Rethinking Tourism'. Kegiatan tersebut digelar bersama dengan Organisasi Pariwisata Dunia, UNWTO.

Sedangkan untuk Rangkaian kegiatan Presiden G20 Indonesia akan berpuncak pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan diselenggarakan di Bali pada 15 - 16 November 2022 mendatang. KTT akan dihadiri oleh para pemimpin anggota G20, yang akan membahas dan menyampaikan komitmen untuk upaya pemulihan ekonomi dunia.

Indonesia telah dipegang sebagai presiden G20 sejak 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022, dimana posisi tersebut selanjutnya akan dilakukan oleh India pada tahun 2023 sendiri akan tetap menjadi anggota Troika hingga berakhirnya masa Presidensi India

Simak juga 'Sinyal Sri Mulyani soal Dunia Akan Resesi':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT