Kebakaran Kapal di Anyer: Kronologi hingga Kondisi Korban

ADVERTISEMENT

Kebakaran Kapal di Anyer: Kronologi hingga Kondisi Korban

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 14:19 WIB
Kebakaran kapal terjadi di Anyer, Banten pada Senin (26/9). Kapal tersebut diketahui adalah kapal nelayan Maira 01 yang berisi 8 orang anak buah kapal (ABK).
Ilustrasi kebakaran (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Kebakaran kapal terjadi di Anyer, Banten, pada Senin (26/9). Kapal tersebut diketahui adalah kapal nelayan Namira 01, yang berisi delapan anak buah kapal (ABK).

Lantas, apa yang menjadi penyebab kapal tersebut terbakar? Berikut informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh detikcom.

Insiden Kebakaran Kapal di Anyer

Sebuah kapal nelayan dilaporkan terbakar di wilayah selatan perairan Anyer, Banten, Senin (26/9/2022). Awalnya, petugas vessel traffic service (VTS) Merak memperoleh informasi dari kapal MT DEBBIE (VRFC7) bahwa ada kapal terbakar di sekitar perairan Anyer. Kemudian, petugas VTS mengabarkan kejadian itu ke Basarnas Banten.

"Tadi sekitar jam 5 lewat 10 kita terima info bahwa ada kapal kebakaran di sekitar Sangiang, akhirnya jam setengah 6 kita menggerakkan tim. Kita bagi dua, satu ke Anyer, satu lagi RIB (rigid inflatable boat) yang p10,5 meter untuk menuju lokasi terjadinya kebakaran," kata Kasi Ops Basarnas Banten Heru Amir, dikutip detikcom, Selasa (27/9/2022).

Kebakaran kapal terjadi di Anyer, Banten pada Senin (26/9). Kapal tersebut diketahui adalah kapal nelayan Maira 01 yang berisi 8 orang anak buah kapal (ABK).Kebakaran kapal terjadi di Anyer, Banten, pada Senin (26/9). Kapal tersebut diketahui adalah kapal nelayan Maira 01, yang berisi delapan anak buah kapal (ABK). (Foto: dok. Istimewa)

Kronologi Kapal Nelayan di Anyer Terbakar

Kepala Seksi Operasi Basarnas Banten Heru Amir menjelaskan kronologi kebakaran kapal nelayan Namira 01 tersebut. Kejadian itu berawal dari ledakan di kamar mesin dan menimbulkan api, kemudian menghanguskan badan kapal.

"Kronologi kapal Namira 01 pada pukul 14.00 WIB sedang melaksanakan ship range dari dermaga Mambruk menuju sekitar Pulau Sangiang dan pada pukul 16.00 WIB terdengar ledakan di kamar mesin sehingga terbakar," kata Heru, dikutip detikcom, Selasa (27/9).

8 Awak Kapal Bisa Dievakuasi

Para ABK yang berada di kapal Namira 01 itu bisa diselamatkan oleh kapal nelayan lain yang sedang melintas di lokasi kejadian. Kedelapan ABK tersebut dibawa ke dermaga Anyer untuk dievakuasi.

"Pada pukul 19.00 WIB, alhamdulillah, ABK yang ada di kapal Namira 01 berhasil dievakuasi dengan selamat oleh kapal nelayan dan langsung dibawa ke dermaga Anyer," jelas Kepala Seksi Operasi Basarnas Banten Heru Amir.

Korban Dibawa ke Puskesmas Anyer

Para awak kapal nelayan Namira 01 dibawa ke Puskesmas Anyer untuk mendapatkan perawatan medis. ABK berjumlah delapan orang tersebut dilaporkan selamat dari peristiwa kebakaran kapal di Anyer.

"Selanjutnya korban langsung dibawa ke Puskesmas Anyer untuk dilakukan proses medis," ucap Kepala Seksi Operasi Basarnas Banten Heru Amir.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT