Disanksi Demosi 3 Tahun, Ini Peran Ipda Arsyad di Kasus Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Disanksi Demosi 3 Tahun, Ini Peran Ipda Arsyad di Kasus Ferdy Sambo

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 12:58 WIB
Irjen Dedi Prasetyo
Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (dok. Istimewa)
Jakarta -

Ipda Arsyad Daiva Gunawan dikenakan sanksi demosi selama tiga tahun terkait penanganan kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Ipda Arsyad sebelumnya menjabat sebagai Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan.

Polri mengatakan Ipda Arsyad adalah orang pertama yang mendatangi tempat pembunuhan, rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan. Ipda Arsyad disebut melakukan tindakan tak profesional.

"Dia tidak profesional di TKP. Dia yang mendatangi TKP pertama kali itu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Sabtu (17/9/2022).

detikcom menanyakan lebih detail mengenai wujud perbuatan tak profesional Ipda Arsyad Daiva yang dimaksud Dedi. Namun hingga berita ini ditayangkan, mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut belum menjelaskan lebih lanjut.

Seperti diketahui sidang kode etik Ipda Arsyad sebelumnya sempat ditunda lantaran salah satu saksi kunci, yakni AKBP Arif Rahman Arifin, disebut sedang sakit. Namun pada sidang lanjutan yang digelar pada Senin kemarin (26/9), AKBP Arif sempat hadir sebagai saksi sidang meski tidak mengikuti sidang hingga rampung.

"Jadi untuk sidang hari ini tetap berlanjut dan sampai sekarang belum selesai. Kemudian saksi-saksi yang hadir pada hari ini yaitu AKBP AR, yang tidak bisa melanjutkan sampai dengan selesai," kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah kepada wartawan, Senin (26/9).

Hingga akhirnya sidang selesai pada Senin malam kemarin pukul 21.00 WIB. Saksi-saksi yang dihadirkan sebanyak sebanyak 6 orang yakni AKBP AR (Arif Rahman), AKBP RS (Ridwan Soplanit), Kompol AS, Kompol IR, AKP RS, dan Briptu RRM.

"Adapun sanksi administratif berupa mutasi bersifat demosi selama tiga tahun semenjak dimutasi kan ke Yanma Polri. Atas putusan tersebut pelanggar menyatakan tidak banding," kata Nurul soal putusan sidang KKEP Ipda Arsyad Daiva.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Ipda Arsyad Disanksi Demosi 3 Tahun Buntut Kasus Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT