Jokowi Ungkap Kunjungan Turis Asing Naik 2 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

ADVERTISEMENT

Jokowi Ungkap Kunjungan Turis Asing Naik 2 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 12:24 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut gembira kebangkitan dunia pariwisata yang sudah mulai terasa. Jokowi menyebut kedatangan wisatawan asing ke Indonesia naik dua kali lipat dibanding tahun lalu.

"Jumlah kedatangan wisatawan internasional ke Indonesia di awal tahun ini mencapai 2 kali lipat dibanding 2021," kata Jokowi dalam video yang ditayangkan di World Tourism Day 2022, Selasa (27/9/2022).

Jokowi mengatakan pola kebangkitan sektor pariwisata juga terjadi di seluruh dunia. Menurut Jokowi, hal ini menandakan kebangkitan konektivitas manusia.

"Namun walaupun pandemi COVID-19 sudah mulai mereda tantangan global yang mulai dihadapi sektor pariwisata masih banyak, inflasi yang tajam di berbagai negara bahan bakar transportasi yang mahal, konflik geopolitik yang belum selesai serta perubahan iklim yang semakin mempengaruhi semua lini kehidupan masyarakat," ujar Jokowi.

Dia menyampaikan semua tantangan harus dihadapi dengan kreatif dan inovatif. Jokowi menekankan pentingnya sektor pariwisata yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dunia yang inklusif dan berkelanjutan.

"Kita harus memikirkan ulang bagaimana sektor pariwisata dapat menuju lebih tangguh dan lebih dapat menyejahterakan masyarakat. Kita juga harus mengedepankan kebangkitan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," imbuh Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengajak semua pihak untuk memitigasi munculnya perubahan akibat perkembangan dunia yang sangat cepat. Jokowi berpesan agar sektor pariwisata menjadi lebih tangguh dan berkualitas.

"Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah perayaan ke-42 ini, terima kasih memilih Indonesia sebagai tempat acara sekaligus menandakan kebangkitan pariwisata Indonesia," ujar Jokowi.

Simak juga 'Desa Wisata Hanjeli Buat Sandiaga Uno Terkesan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT