Anggota DPR Lihat KSAD-Panglima TNI Saling Pandang-Senyum: Tak Ada Konflik

ADVERTISEMENT

Anggota DPR Lihat KSAD-Panglima TNI Saling Pandang-Senyum: Tak Ada Konflik

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 08:22 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Bobby Adhityo Rizaldi (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Banyak momen terekam ketika Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa rapat bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bersama Komisi I DPR RI. Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Bobby Rizaldi menyebut keduanya bahkan sempat saling pandang dan lempar senyum di dalam rapat.

"Melihat suasana kebatinan tadi, walaupun duduk terpisah, terlihat baik-baik saja, banyak momen di rapat saling berpandang-pandangan kok, sambil senyum-senyum," kata Bobby saat dihubungi, Senin (26/9/2022).

Bobby mengatakan banyak momen yang memang terjadi di antara keduanya selama bahkan setelah rapat dengan Komisi I DPR. Hal ini, kata dia, sebagai bukti tak ada disharmoni di antara keduanya.

"Pak Andika dan Pak Dudung baik-baik saja, tidak ada disharmoni. Memang hari ini penanggap pertanyaan Komisi I DPR tunggal, yaitu Pak Menhan. Jadi kepala staf tidak memberikan tambahan penjelasan. Jadi kami berkeyakinan tidak ada konflik atau disharmoni komando antara Panglima dan KSAD," ucapnya.

Bobby pun berharap isu disharmoni antara Jenderal Dudung dan Jenderal Andika bisa berakhir seiring dengan banyak momen yang terjadi hari ini. Dia mengingatkan masih banyak pekerjaan yang lebih penting diselesaikan oleh TNI beserta Kementerian Pertahanan.

"Semoga polemik mengenai disharmoni ini bisa selesai dengan berakhirnya rapat hari ini, karena masih banyak PR Kemhan dan TNI , baik dalam koordinasi dengan Kementerian lain, maupun pembenahan internal, dan upaya membangun postur pertahanan yang ideal," ujarnya.

KSAD Hormat ke Panglima TNI

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman terlihat duduk bareng dalam rapat yang digelar Komisi I DPR bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Seusai rapat, Jenderal Dudung terlihat memberikan hormat dan menyalami Jenderal Andika.

Rapat Komisi I DPR, gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022), rapat berakhir pukul 13.25 WIB. Prabowo terlihat berbincang dengan Dudung sambil berjalan menuju pintu keluar ruang rapat.

Dudung lalu berpisah dengan Prabowo karena hendak keluar dari pintu rapat bagian Sekretariat Komisi I DPR. Prabowo dan Andika kemudian berjalan menuju pintu lainnya.

Saat berjalan ke pintu bagian Sekretariat, Dudung mendadak balik badan dan berjalan ke arah Andika. Dudung berkomunikasi ke stafnya.

"Pak, salaman dulu, Pak Panglima," katanya.

Dudung berjalan menuju Andika dan memberi salam hormat. Andika membalas salam hormat Dudung seraya tersenyum. Keduanya lalu bersalaman.

Andika kemudian lanjut berjalan mendampingi Prabowo. Dudung bergegas meninggalkan ruang rapat.

Simak Video 'Momen KSAD Dudung Beri Hormat dan Salaman dengan Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT