750 Aparat Gabungan Jaga Laga RI Vs Curacao di Stadion Pakansari Besok

ADVERTISEMENT

750 Aparat Gabungan Jaga Laga RI Vs Curacao di Stadion Pakansari Besok

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 15:47 WIB
Sejumlah bendera negara peserta Asian Games 2018 terbentang di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/8). Venue sepak bola Asian Games 2018 di Jawa Barat seperti Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung telah siap 100 persen. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc/18.
Stadion Pakansari, Bogor (Arif Firmansyah/ANTARA FOTO)
Bogor -

Laga persahabatan timnas sepakbola Indonesia melawan Curacao akan digelar di Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9) besok. Sebanyak 750 aparat gabungan dikerahkan untuk mengamankan laga tersebut.

"Besok pertandingan persahabatan timnas Indonesia melawan negara Curacao di Stadion Pakansari. Kami sudah mempersiapkan tim pengamanan, yang terdiri atas Polres Bogor, kemudian kami juga minta bantuan dari Satbrimob Polda Jabar, kemudian dari Kodim, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Bogor. Total 750 yang untuk pengamanan besok bola," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di Mapolres Bogor, Senin (26/9/2022).

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional di sekitar area Stadion Pakansari. Harapannya, masyarakat di sekitar tidak terganggu aktivitasnya.

"Kami berharap, walaupun cukup banyak orang yang datang ke Pakansari, masyarakat tidak terganggu aktivitasnya," ungkapnya.

Diperkirakan akan ada 10 ribu suporter yang datang ke Stadion Pakansari untuk menyaksikan laga tersebut. Iman mengimbau agar para suporter yang datang tidak membawa barang-barang yang dilarang.

"Ya kami mengimbau suporter yang akan datang ke Pakansari tidak membawa sajam, senjata tumpul, miras. Karena tujuan kan mau nonton bukan mau ribut, jadi jangan sampai membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan untuk dalam rangka nonton," tuturnya.

Iman juga akan memeriksa suporter yang datang ke Stadion Pakansari. Pengamanan akan dilakukan beberapa lapis di lingkar stadion.

"Ketika pelaksanaan pengamanan bola, itu suporter kita geledah untuk mencari mereka kalau ada yang bawa sajam, tumpul, atau miras, baik di ring satu, dua, tiga itu semua kita buat berlapis. Supaya masyarakat lain yang nonton ke dalam aman dan nyaman," bebernya.

Selain itu, pemeriksaan akan dilakukan dalam rangka mengantisipasi tiket palsu. Sebab, dikhawatirkan, apabila ada tiket palsu, akan terjadi kelebihan kapasitas stadion yang berpotensi menimbulkan kerawanan lain.

"Ya tetap kita lakukan di pintu-pintu masuk ke stadion. Bersama panitia juga kita akan lakukan pemeriksaan dan antisipasi tiket palsu. Karena kalau kita biarkan, itu membuat kita tidak bisa memprediksi sesuai tiket yang terjual. Dengan kapasitas Stadion Pakansari yang terbatas, kalau itu membeludak karena keberadaan pemegang tiket palsu ini akan menimbulkan kerawanan yang lain," pungkasnya.

(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT