4 Fakta Kecelakaan Tol Pandaan Malang: Jumlah Korban dan Kronologi

ADVERTISEMENT

4 Fakta Kecelakaan Tol Pandaan Malang: Jumlah Korban dan Kronologi

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 12:30 WIB
4 Fakta Kecelakaan Tol Pandaan Malang: Jumlah Korban dan Kronologi
4 Fakta Kecelakaan Tol Pandaan Malang: Jumlah Korban dan Kronologi | Foto: Istimewa
Jakarta -

Terjadi kecelakaan tol Pandaan-Malang pada Minggu (25/9/2022). Kecelakaan beruntun tersebut melibatkan Bus Restu dan Truk Tangki Pertamina. Dari video yang beredar di media sosial, terlihat bagian depan Bus Restu menghantam bagian belakang truk tangki Pertamina.

Berikut beberapa hal yang diketahui terkait kejadian kecelakaan di Tol Pandaan-Malang.

Lokasi Kecelakaan Tol Pandaan-Malang

Lokasi kecelakaan tol Pandaan-Malang terjadi di KM 77 arah Malang-Surabaya pada Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. Pihak Jasa Marga tol Pandaan-Malang pun membenarkan hal tersebut. Kini sudah ditangani oleh petugas.

"Benar ada kecelakaan di Km 77, masuk wilayah Lawang, Kabupaten Malang," kata General Manager Operasi Jasa Marga Pandaan-Malang, Indrawan Agustono kepada detikJatim, Minggu (25/9).

4 Fakta Kecelakaan Tol Pandaan Malang: Jumlah Korban dan Kronologi4 Fakta Kecelakaan Tol Pandaan Malang: Jumlah Korban dan Kronologi | Foto: Istimewa

Penyebab Kecelakaan Tol Pandaan-Malang

Menurut informasi dari Petugas PJR Ditlantas Polda Jatim dan Satlantas Polres Malang, seperti dilansir detikJatim, penyebab kecelakaan tol Pandaan-Malang diduga berawal dari kondisi jalan terjadi kepadatan akibat laka tunggal di KM 76 yang menyebabkan kendaraan menuju ke Surabaya berjalan melambat.

Bus Restu berusaha menghindari kondisi tersebut dengan merubah ke lajur lambat (kiri) tetapi menabrak kendaraan lainnya. Kemudian Bus Restu menabrak truk tangki Pertamina. Kecelakaan itu juga melibatkan satu kendaraan minibus yang melaju dari arah sama.

Korban Kecelakaan Tol Pandaan-Malang

Kecelakaan tol Pandaan-Malang melibatkan 5 kendaraan termasuk Bus Restu dan truk tangki Pertamina. Akibat kecelakaan tersebut sopir Bus Restu meninggal dunia, usai dievakuasi karena terjepit. Selain itu diketahui ada 4 korban luka-luka.

"Sopir bus meninggal dan empat lainnya mengalami luka ringan," ujar Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung melalui Kanit Gakkum Iptu Sunarko Rusbiyanto kepada detikJatim, Minggu (25/9).

Berdasarkan hasil olah TKP, sopir bus Restu yang meninggal bernama Yuniar Krisyanto warga Babatan, Wiyung, Kota Surabaya. Adapun 4 korban lain yang mengalami luka ringan sudah dilarikan ke RSUD Lawang, Kabupaten Malang.

Kecelakaan beruntun itu melibatkan 5 kendaraan. Kelima kendaraan yang terlibat yaitu bus Restu N-7091-UG, Toyota Avanza L-818-ZA, Honda Odissey N-1939-BF serta dua truk tangki Pertamina L-8241-UG dan B-9112-SEI.

Kronologi Kecelakaan Tol Pandaan-Malang

Usai melakukan olah TKP kecelakaan tol Pandaan-Malang, Petugas PJR Ditlantas Polda Jatim dan Satlantas Polres Malang menemukan bahwa kecelakaan yang terjadi pukul 17.11 WIB itu bermula dari kendaraan bus Restu N-7091-UG yang melaju dari selatan (Malang) ke utara (Surabaya) di lajur cepat dengan kecepatan tinggi.

Kondisi ruas jalan di kilometer tersebut menurun. Saat itu, kondisi jalan terjadi kepadatan karena adanya laka tunggal di KM 76. Sehingga kendaraan yang menuju ke Surabaya berjalan melambat.

"Bus Restu kurang antisipasi dengan kondisi itu sehingga menghindari kendaraan di depannya, berubah ke lajur lambat (kiri). Tetapi tetap menabrak kendaraan Daihatsu Xenia putih L-818-ZA yang berjalan dengan kecepatan lambat," ungkap Panit 1 PJR Jatim 4 Dirlantas Polda Jawa Timur Ipda Wawan kepada detikJatim, Minggu (25/9).

Setelah itu, kendaraan Xenia terpelanting dan menabrak kendaraan Honda Odysey N-1939 BF yang ada di depan kendaraan Xenia.

"Bus Restu tetap melaju di jalur lambat dan menabrak truk tangki Pertamina L-8241-UG dan kemudian menabrak truk tangki Pertamina B 9112 SEI yang berada di depannya," pungkas Wawan.

Hingga kini proses pembersihan lajur dari kendaraan yang terlibat kecelakaan tol Pandaan-Malang masih berjalan. Kepadatan kendaraan dari arah Malang-Surabaya terjadi sampai kurang lebih 2 kilometer atau masuk KM 79.

Lihat video '4 Orang Tewas saat Truk Tangki Melaju Tanpa Kendali di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT