ADVERTISEMENT

Cerita Letda Alfred, Pria Keturunan Tionghoa Mengabdi Jadi Dokter Militer

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 25 Sep 2022 15:21 WIB
Letda Ckm dr Alfred Alphanto (Tangkapan YouTube Jenderal Andika Perkasa)
Letda Ckm dr Alfred Alphanto (Tangkapan YouTube Jenderal Andika Perkasa)
Jakarta -

Kisah inspiratif datang dari Letnan Dua (Letda) Ckm dr Alfred Alphanto. Pria keturunan etnis Tionghoa itu memilih mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan menjadi dokter militer.

"Saya juga ingin memberikan sesuatu kembali ke negara, salah satunya dengan mengabdi sebagai tentara," kata Letda Ckm dr Alfred Alphanto dalam kanal YouTube Jenderal Andika Perkasa, Minggu (25/9/2022).

Perwira pertama Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) itu mengungkapkan, bantuan yang diberikan negara terhadap etnis Tionghoa menjadi salah satu alasannya memilih mengabdi sebagai dokter tentara. Menurutnya, berkat bantuan negara, orang tua dan kakeknya mendapat kesempatan yang sama untuk berkembang.

"Karena dulu dari orang tua saya, kakeknya, merantau dari Tiongkok ke sini. Lalu bisa diterima sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, negara Indonesia ini memberikan orang-orang Tionghoa kesempatan yang sama untuk berkembang, dari awalnya petani. Lalu ayah saya dan ibu saya karena kerja kerasnya bisa sarjana, lalu menurut saya itu sudah bantuan besar dari negara untuk saya," tutur Letda Ckm dr Alfred Alphanto.

Letda Ckm dr Alfred Alphanto juga mengaku tidak pernah mendapat perlakuan yang berbeda selama hidup di Indonesia. Hal yang sama juga dirasakannya selama menjadi prajurit TNI.

"Di negara ini dan instansi ini tidak ada pembedaan. Semua diberikan kesempatan yang sama, bersaing yang sama dan juga perlakuan di dalam organisasinya pun sama. Jadi saya dan teman-teman saya diperlakukan dengan sama, dididik dengan benar menjadi prajurit yang baik," kata dia.

Letda Ckm dr Alfred Alphanto pun siap ditugaskan di penjuru Indonesia. Dia menyatakan akan bekerja sebaik-baiknya di mana pun ditugaskan untuk mengabdi sebagai dokter tentara.

"Sebagai dokter tentara saya akan mengikuti perintah ditempatkan di mana dan berkarya sebaik mungkin di tempat saya ditempatkan. Saya juga akan berusaha mengenyam ilmu sedalam-dalamnya lebih lagi untuk dibaktikan kepada masyarakat. Dan juga bila memungkinkan bisa mengadakan pengabdian seperti pengobatan gratis. Sebab, bila orang tersenyum, saya juga ikut senang," papar Letda Ckm dr Alfred Alphanto.

Sosok yang Disiplin

Ayah Letda Ckm dr Alfred Alphanto, Jerry Alfanto, turut mengungkap sosok sang anak. Menurut Jerry, Letda Ckm dr Alfred Alphanto merupakan sosok yang disiplin.

"Anaknya cenderung sistem, berpikiran sistem, goal oriented, disiplin, fokus," kata Jerry.

Jerry pun senang putranya memilih mengabdi kepada negara. Menurut dia, bisa lolosnya Letda Ckm dr Alfred Alphanto menjadi prajurit TNI merupakan sebuah keajaiban bagi keluarganya.

"Bisa menyekolahkan mereka menjadi dokter juga suatu keajaiban, dan sekarang bisa masuk di TNI, lebih keajaiban lagi," tutur dia.

Dia menuturkan, sifat patriotisme Letda Ckm dr Alfred Alphanto didapatkan dari orang tuanya. Jerry mengatakan ayahnya juga membangun sekolah untuk warga lantaran kala itu tidak ada sekolah dasar di kampungnya.

"Waktu sekolah yang bangun sekolah papa saya. Karena di kampung tidak ada sekolah. Karena papa saya buta huruf, jadi bangun SD negeri tahun 71 kayaknya, Jadi dari kecil saya sudah tularkan ke anak-anak, patriotisme ini menular ke mereka dari kecil sedikit-sedikit," kata Jerry.

Simak juga Video: Terpopuler Sepekan: Heboh Tabloid Anies, Putin Ancam Gunakan Nuklir

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT