ADVERTISEMENT

Massa Buruh dan Tani Bubar, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Dibuka

Adrial Akbar - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 15:17 WIB
Massa buruh dan petani bubar usai demo di Patung Kuda (Adrial/detikcom)
Massa buruh dan petani bubar seusai demo di Patung Kuda. (Adrial/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah elemen dari Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) yang berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, telah membubarkan diri. Jalan Medan Merdeka Barat yang sebelumnya ditutup kini kembali dibuka.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 14.45 WIB, Sabtu (24/9/2022), beton pembatas jalan serta kawat berduri telah disingkirkan. Beberapa kendaraan terlihat telah melewati jalan ini.

Massa aksi yang berdemonstrasi meninggalkan lokasi pada pukul 14.30 WIB. Mereka pergi bersama-sama ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Kawan-kawan semua, terima kasih kepada kepolisian dan TNI. Selamat Hari Tani Nasional. kesejahteraan adalah milik kita semua," teriak seorang orator.

Pihak kepolisian yang sedari tadi berjaga mulai meninggalkan lokasi. Petugas kebersihan juga mulai membereskan sampah yang berserakan.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah elemen gabungan petani dan buruh menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, untuk memperingati Hari Tani Nasional 2022. Kepolisian mempersiapkan 1.700 personel gabungan untuk mengamankan demonstrasi.

"Personel 1.700 gabungan TNI-Polri," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Sabtu (24/9/2022).

Dalam aksi ini, massa aksi membawa sejumlah tuntutan, di antaranya menolak kenaikan harga BBM dan pencabutan omnibus law.

Berikut tiga tuntutan massa aksi:

1. Jalankan reforma agraria dan kedaulatan pangan.

2. Tolak kenaikan harga BBM.

3. Tolak omnibus law.

(azh/azh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT