Massa Buruh dan Petani Geruduk Patung Kuda, Bawa Orang-Orangan Sawah

ADVERTISEMENT

Massa Buruh dan Petani Geruduk Patung Kuda, Bawa Orang-Orangan Sawah

Adrial Akbar - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 11:22 WIB
Aksi buruh dan petani di Patung Kuda (Adrial/detikcom)
Foto: Aksi buruh dan petani di Patung Kuda (Adrial/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah elemen gabungan petani dan buruh mulai mendatangi kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka berkumpul di Jalan Medan Merdeka Barat dalam rangka menggelar demo peringatan Hari Tani Nasional.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.55 WIB, Sabtu (24/9/2022) massa aksi datang dari Jalan Medan Merdeka Selatan. Terlihat tiga mobil komando berada di tengah massa aksi.

"Lindungi petani pejuang kedaulatan pangan," demikian tertulis dalam spanduk protes yang dibawa.

Massa berdatangan membawa sejumlah atribut organisasi buruh. Mereka juga membawa orang-orangan sawah serta pisang sebagai simbol hasil bumi.

Sejumlah anggota kepolisian terlihat berjaga di sekitar lokasi massa. Lalu lintas di sekitaran Patung Kuda sedikit tersendat imbas kedatangan massa.

Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Barat telah ditutup oleh kepolisian. Beton pembatas jalan dan kawat berduri telah dipasang.

Massa Buruh dan Petani Demo di Patung Kuda, Ini 3 TuntutannyaMassa Buruh dan Petani Demo di Patung Kuda, Ini 3 Tuntutannya Foto: Ilyas Fadilah/detikcom

Sebelumnya diberitakan, sejumlah elemen gabungan petani dan buruh akan menggelar aksi di kawasan Patung, Jakarta Pusat hari ini. Kepolisian mempersiapkan 1.700 personel gabungan untuk mengamankan demonstrasi.

"Personil 1.700 gabungan TNI-Polri," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin saat dihubungi, Sabtu (24/9/2022).

Massa aksi diminta untuk berdemonstrasi dengan damai. Komarudin berharap peserta aksi untuk menggunakan tempat yang sudah disediakan.

"Imbauan kepada massa diharapkan bisa menggunakan tempat yang sudah kita siapkan di Barat Daya, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lain," ujarnya.

Dalam aksi tersebut massa aksi membawa sejumlah tuntutan. Diantaranya, menolak kenaikan harga BBM hingga cabut omnibus law.

Berikut tiga tuntutan massa aksi:

1. Jalankan Reforma agraria dan kedaulatan pangan.

2. Tolak kenaikan harga BBM.

3. Tolak Omnibus Law.

(azh/azh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT