ADVERTISEMENT

Heru Budi soal Calon Pj Gubernur DKI: Saya Yakin Semesta Beri yang Terbaik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 17:10 WIB
Tim detikcom berbincang dengan Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono di Kantornya, Jakarta, Rabu (25/5/2022).
Heru Budi Hartono (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan semua calon Pj Gubernur DKI mempunyai kesempatan yang sama. Dia yakin alam semesta pun akan memberikan yang terbaik.

"Kandidat-kandidat yang ada kan mempunyai kesempatan yang sama, memiliki kemampuan potensi yang baik, bahkan lebih baik. Dan ada kalimat hari esok penuh misteri. Jadi kembalikan ke alam semesta, saya yakin alam semesta akan memberikan yang terbaik," kata Heru kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Heru mengaku masih bekerja seperti biasa. Dia fokus untuk mengerjakan tugas sebagai Kasetpres untuk melayani Presiden Jokowi.

"Ya sampai hari ini masih biasa-biasa saja. Bahkan, minggu depan penuh dengan kunjungan kerja, masih menjalankan tugas Kasetpres," ujar Heru.

Heru mengatakan tak ada pembicaraan khusus dengan Jokowi. Dia mendampingi Jokowi dalam kapasitasnya sebagai Kasetpres.

"Presiden dengan saya hampir setiap hari ketemu, bahkan minggu lalu kunker saya dampingin, biasa-biasa aja," ujar Heru.

Saat ditanya siap atau tidaknya menjadi Pj Gubernur DKI, Heru kembali berbicara mengenai misteri hari esok. Dia mengatakan misteri itu tidak perlu dijawab.

"Jawabannya hari esok penuh misteri. Kalau misteri nggak perlu dijawab," ujar Heru sambil tersenyum.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin berbicara tentang Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Ditanya soal harapannya, Ma'ruf mengatakan pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta sepenuhnya.

"Saya kira itu sudah ada aturannya seperti daerah-daerah yang lain ya, kan sudah ada kemarin Banten, Bangka Belitung, kemudian mana lagi, Aceh, itu sudah berjalan," kata Ma'ruf kepada wartawan di Pontianak Convention Centre, Kalbar, Kamis (22/9/2022).

"Nanti periode berikutnya nanti beberapa daerah, termasuk DKI. Saya kira prosesnya akan sama. Seperti itu," sambungnya.

Ma'ruf mengatakan sudah ada aturan dan mekanisme dalam pemilihan Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Namun, dia menegaskan, pemerintah tentunya akan memilih sosok yang punya kompetensi dalam memimpin DKI Jakarta.

Diketahui ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Nama ketiganya disetujui dalam Rapimgab DPRD DKI yang digelar pada Selasa (13/9). DPRD DKI pun kemudian menyerahkan usulan nama-nama itu ke Kemendagri pada Rabu (15/9). Kemendagri nantinya akan melakukan verifikasi terhadap ketiga nama kandidat Pj Gubernur usulan DPRD DKI tersebut.

Setelah itu, nama-nama calon Pj Gubernur DKI usulan DPRD akan dibahas dalam sidang TPA bersama nama usulan Kemendagri. Sidang TPA akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama lembaga terkait. Selanjutnya, Jokowi-lah yang akan menentukan siapa yang akan duduk menjabat di kursi nomor satu DKI.

Simak video 'Wapres Bocorkan Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT