ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Telkom Tunggu Izin Pemkab Tangerang Pindah Tiang-tiang dari Tengah Jalan

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 17:08 WIB
Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Tiang-tiang kabel berdiri di tengah jalan di Jl Raya Perancis, Kabupaten Tangerang. PT Telkom adalah salah satu pihak yang mempunyai tiang-tiang itu. Telkom masih menunggu izin Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk memindahkan tiang-tiangnya dari tengah jalan.

"Infonya, izin pemindahan belum didapatkan dari Pemerintah Daerah setempat," kata Sekretaris Divisi dan Public Relation Telkom Regional 2 Jabodetabek Banten, Pritamara Wahyuningtyas (Tara), kepada detikcom, Jumat (23/9/2022).

Tiang-tiang itu berada di tengah jalanan berdebu di kawasan Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi. Kondisi buruknya Jl Raya Perancis ini sempat disorot warga di media sosial, beberapa waktu lalu. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Di ruas lainnya, permukaan Jl Perancis ini juga rusak.

Tara menjelaskan, ada perusahaan negara lain pula yang memiliki tiang-tiang di lokasi itu, yakni tiang yang menyangga kabel beraliran listrik. Pemindahan tiang listrik kini sedang diprioritaskan.

Menurut Pemkab Tangerang, warga sempat khawatir kena radiasi apabila tiang listrik dipindah ke pinggir jalan. Kini, warga sudah tak khawatir lagi dan bersedia apabila tiang itu dipindah ke pingir jalan.

"Untuk proses pemindahan tiang, banyak vendor di sana. Proses pemindahan sedang berjalan," kata Kepala Dinas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), Iwan Firmansyah, kepada detikcom, Selasa (20/9) lalu.

Warga sudah berhasil diyakinkan bahwa pemindahan tiang ke pinggir jalan (lebih dekat ke permukiman) tidak akan berdampak bahaya bagi warga. Isu radiasi selesai diklarifikasi Pemkab Tangerang dan pemangku kepentingan terkait.

Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Tiang itu, kata Iwan, milik perusahaan listrik. Namun demikian, tiang itu juga digunakan oleh penyedia jasa telekomunikasi dan internet untuk menggantungkan kabelnya. Pada 9 September, dua pekan lalu, ada warga tersengat listrik di Jl Raya Perancis, Kecamatan Kosambi.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT