Isu Radiasi Kelar Diklarifikasi, Tiang Tengah Jl Perancis Bakal Dipindah

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Isu Radiasi Kelar Diklarifikasi, Tiang Tengah Jl Perancis Bakal Dipindah

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 16:17 WIB
Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Tiang-tiang kabel listrik dan kabel utilitas berderet di tengah badan jalan bagian utara Kabupaten Tangerang ini. Menurut Pemerintah Kabupaten Tangerang, warga sempat khawatir kena radiasi apabila tiang dipindah ke pinggir jalan. Kini, warga sudah tak khawatir lagi dan bersedia apabila tiang itu dipindah ke pinggir jalan.

Lokasi tiang-tiang di tengah jalan itu ada di Jl Raya Perancis, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Tiang-tiang di tengah jalan itu menambah buruk kondisi keseluruhan ruas jalan ini yang sudah rusak dan berdebu.

"Untuk proses pemindahan tiang, banyak vendor di sana. Proses pemindahan sedang berjalan," kata Kepala Dinas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), Iwan Firmansyah, kepada detikcom, Selasa (20/9/2022).

Warga sudah berhasil diyakinkan bahwa pemindahan tiang ke pinggir jalan (lebih dekat ke permukiman) tidak akan berdampak bahaya bagi warga. Isu radiasi selesai diklarifikasi Pemkab Tangerang dan pemangku kepentingan terkait.

"Awalnya, banyak yang tidak menerima akibat khawatir radiasi. Masyarakat tahunya ada radiasi kalau tiangnya dipindah ke pinggir jalan dekat rumah penduduk. Namun kemarin sudah disosialisasikan dengan Pak Camat, Pak Kades, pemilik vendor, dan sebagainya," kata Iwan.

Tiang itu, kata Iwan, milik perusahaan listrik. Meski demikian, tiang itu juga digunakan oleh penyedia jasa telekomunikasi dan internet untuk menggantungkan kabelnya. Pada 9 September, dua pekan lalu, ada warga tersengat listrik di Jl Raya Perancis, Kecamatan Kosambi.

"Tapi sekarang sudah mendapatkan tempat dari masyarakat dan aparat wilayah setempat untuk digeser. Jadi tinggal ditarik. Karena tertunda, ada musibah (warga tersetrum), ya bagaimana," kata Iwan.

Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang tengah jalan di Jl Raya Perancis, Tangerang, 12 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Pemkab Tangerang telah menganggarkan Rp 20 miliar untuk memperbaiki 3,2 km ruas Jl Perancis di sini. Saat ini, prosesnya sampai pada tahap lelang. Iwan berharap lelang bisa segera selesai sehingga diperkirakannya perbaikan bisa dimulai pada akhir Oktober sampai tahun depan. Kerusakan di jalanan ini disebutnya karena permukaan jalan kelebihan muatan.

"Rusak akibat overload karena desain jalan kita maksimal sumbu (truk) terberat adalah 8 ton," kata Iwan.

Lihat juga video 'Kacau! Kok Bisa, Tiang Berdiri Tegak di Tengah Jalan di Cinere':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT