ADVERTISEMENT

Kisah Wanita Emas, Dulu Spanduknya di Mana-mana hingga Stiker di Kopaja

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 17:01 WIB
Ketua Umum Partai Republik Satu, Hasnaeni (Karin Nur Secha/detikcom)
Hasnaeni alias Wanita Emas (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Hasnaeni (H) alias 'Wanita Emas' sebagai salah satu tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan atau penyelewengan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020. Wanita emas dulu dikenal karena poster dan stikernya ada di mana-mana.

Saat itu, nama Hasnaeni dikenal gara-gara posternya yang bertulisan 'Wanita Emas mengubah sampah menjadi emas'. Hasnaeni dengan berani pun ikut penjaringan cagub DKI PDIP pada 2011. Meskipun belum mendapatkan tiket pilgub, ia sudah memasang baliho dan spanduk di sekitar Jakarta. Bahkan salah satu spanduknya pernah diturunkan oleh Satpol PP.

Namun ia gagal mendapat tiket pilgub. Wanita Emas tak patah semangat. Pada 2013 ia maju sebagai caleg dari Partai Demokrat. Berdasarkan Daftar Caleg Tetap di website kpu.go.id ia terdaftar menjadi caleg DPR RI dari dapil DKI 2 dengan nomor urut 7.

Sama seperti menjelang Pilgub DKI, Wanita Emas kembali menebar stiker di angkutan kota. Hasnaeni tampil berjas biru Partai Demokrat, masih dengan tagline 'Wanita Emas' yang ditulis dengan tinta emas dan slogan 'Mengubah'.

Stiker tersebut antara lain tampak di Kopaja 20 rute Lebak Bulus-Pasar Senen. Seperti terlihat di foto, stiker Hasnaeni juga berfungsi sebagai kalender tahun 2013.

Daerah pemilihan Hasnaeni meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri. Hasnaeni harus bersaing dengan sejumlah tokoh kuat di Partai Demokrat seperti Melani Leimena Suharli dan Kastorius Sinaga. Hasnaeni berada di nomor urut 7 yang juga nomor buncit.

Simak video 'Hasnaeni 'Wanita Emas' Tersangka Korupsi Ternyata Dulunya Artis':

[Gambas:Video 20detik]



Apa kasus wanita emas? Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT