ADVERTISEMENT

PSI DKI Dapat Aduan Lurah Pungut Sumbangan dari Warga, Wagub Bakal Cek

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 14:07 WIB
Ahmad RIza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta dari F-PSI, Justin Adrian Untayana, menerima laporan adanya oknum lurah meminta sumbangan kepada warga yang tengah mengurus dokumen administrasi. Justin menyebut lurah itu memungut sumbangan dengan membawa-bawa nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Justin mengaku mulanya dirinya mendapatkan aduan dari warga yang tengah mengurus surat keterangan di salah satu kelurahan di Kota Jakarta. Kepada Justin, warga itu mengaku dimintai sumbangan oleh seorang lurah.

Justin langsung mendatangi kantor kelurahan yang dimaksud. Justin menyebut lurah itu mengaku memungut sumbangan dari warga atas perintah dari Gubernur DKI Jakarta.

"Bahkan, klaim lurah tersebut, dalam perintah Gubernur ditetapkan target untuk mengumpulkan kurang lebih Rp 88 juta untuk zakat dan Rp 55 juta untuk PMI (Palang Merah Indonesia)," kata Justin dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022).

Justin sangat menyayangkan fenomena ini. Dia memandang semestinya Pemprov DKI menghapus stigma bahwa masyarakat yang mengurus dokumen di instansi pemerintahan harus mengeluarkan uang di luar ketentuan.

"Zaman dulu masyarakat sudah sering menghadapi pungli, jangan lagi sekarang masyarakat ditagihkan sumbangan. Saya khawatir masyarakat akan merasa ini seperti pungli tapi dibungkus dengan judul sumbangan," ujarnya.

"Tugas Lurah sudah cukup berat untuk melayani populasi warga DKI yang sangat besar. Jadi sebaiknya jangan lagi bebani mereka dengan tugas mencari-cari uang dari masyarakat. Ini justru dikhawatirkan mendegradasi citra pelayan publik yang profesional," tambahnya.

PSI Akan Surati Anies

Atas masalah ini, Justin mengaku akan menyurati Gubernur Anies Baswedan secara khusus untuk menanyakan kebenaran perintah/arahan Gubernur yang menugaskan lurah mencari sumbangan dan mematok besaran yang harus didapat tersebut.

"Saya tidak menghalang-halangi niat baik siapa pun untuk kegiatan sosial. Akan tetapi sangat tidak elok bilamana pelayan masyarakat ditugaskan untuk mencari uang bahkan dipasang target pendapatan sumbangan," tegasnya.

Wagub DKI Cek Kebenarannya

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza mengaku baru mendengar soal dugaan pungli temuan F-PSI. Karena itu, pihaknya akan melakukan pengecekan di lapangan.

"Nanti kami cek. Yang pasti, tidak diperkenankan lurah mengambil pungli kepada masyarakat, ya. Tapi kalau ada informasi begitu, nanti kami cek. Nanti kami minta," kata Riza saat dimintai konfirmasi hari ini.

Lihat juga video 'Lurah di Ciledug Pungli Rp 250 Ribu Saat Warga Minta Tanda Tangan':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT