ADVERTISEMENT

Makin Banyak Kamera e-TLE Pelototi Pelanggar Lalin di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 06:33 WIB
Program electronic traffic law enforcement (ETLE) berskala nasional resmi diluncurkan di 12 Polda. Namun di kawasan Harmoni, Jakarta, ada satu kamera yang menghadap ke langit.
Ilustrasi kamera e-TLE (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Jalanan di Ibu Kota akan semakin banyak diawasi oleh kamera electronic-traffic law enforcement (e-TLE). Tahun depan, renacananya akan ada 70 titik kamera e-TLE baru.

70 kamera e-TLE itu akan disebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Sehingga, jalanan Jadetabek akan terpantau 24 jam penuh oleh kamera e-TLE.

70 Kamera Dipasang 2023

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan puluhan kamera e-TLE tersebut rencananya dipasang pada tahun depan. Diharapkan dengan adanya kamera e-TLE di titik-titik baru ini bisa memelototi pelanggaran lalu lintas di jalanan.

"Kami masih menambah titik-titik, jadi di tahun 2023 ini ada 70 titik lagi yang akan ditambahkan. Wilayah Jakarta Raya ini kan 1x24 jam ada aktivitas masyarakat jadi kamera e-TLE ini akan dipasang menyeluruh," kata Latif di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Latif mengatakan 70 kamera e-TLE baru ini akan terpasang di sejumlah ruas jalan yang belum memiliki e-TLE. Wilayah itu mulai jalan protokol hingga ruas jalan penyangga menuju Jakarta.

Penindakan Lebih Transaparan

Dia berharap pengawasan e-TLE ini bakal menghadirkan penindakan hukum lalu lintas yang transparan di masyarakat.

"Dengan penindakan secara elektronik ini betul-betul transparansi dalam hal penindakan hukum bisa dirasakan masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Latif mengatakan pihaknya telah memetakan 70 titik di wilayah Polda Metro Jaya yang nantinya akan terpasang e-TLE pada 2023. Dia menyebut ruas jalan itu merupakan daerah yang memiliki aktivitas masyarakat 24 jam nonstop.

"Tentunya jalan protokol dan di jalan yang aktivitas masyarakat yang terjadi 1x24 jam," tuturnya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

Simak Video 'Makin Canggih! Kamera ETLE Bakal Bisa Deteksi Retina':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT