ADVERTISEMENT

Survei Charta: Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi-Ma'ruf Turun Jadi 63,5%

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 15:55 WIB
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan para menteri dan kepala lembaga. Ratas tersebut membahas penanganan kasus kekerasan terhadap anak.
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei soal tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah pusat. Hasilnya, ada penurunan kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Survei dilakukan pada 6-13 September 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 dengan margin of error 2,82%. Kriteria responden berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih yang diwawancara tatap muka atau face to face interview. Sampel dipilih dengan metode sampling multistage random sampling.

Salah satu pertanyaan survei ini yaitu: Bagaimana penilaian bapak/ibu/saudara terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, apakah sangat puas, cukup puas, kurang puas atau tidak puas sama sekali?

Berikut hasilnya:

- Sangat puas 9,7%
- Cukup puas 53,8%
- Kurang puas 28,7%
- Tidak puas sama sekali 5,6%
- Tidak Tahu/Tidak Jawab 2,3%

"Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah tergolong cukup baik, berada pada angka 63.5%. Akan tetapi, angka ini mengalami penurunan cukup tajam dibandingkan survei pada bulan Juni," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilisnya yang digelar secara daring, Kamis (22/9/2022).

Pada Juni 2022, hasil Charta Politika menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf sebesar 68,4%. Artinya, ada penurunan kepuasan sebesar 4,9%.

Disebutkan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah tertinggi berada di wilayah Bali, NTB, NTT, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta dan Banten. Sementara tingkat kepuasan terendah pada wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa Timur.

Simak video 'Buntut Harga BBM Naik, Survei Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Turun 10%':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT