Anies Resmikan 4 Pasar Tradisional di Jakarta, Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Anies Resmikan 4 Pasar Tradisional di Jakarta, Ini Daftarnya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 10:34 WIB
Anies Resmikan 4 Pasar Tradisional di Jakarta
Anies meresmikan empat pasar tradisional di Jakarta. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini meresmikan empat pasar tradisional yang tersebar di wilayah Jakarta. Keempat pasar yang diresmikan hari ini adalah Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat.

Acara peresmian diselenggarakan di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, pada Kamis (22/9/2022). Anies didampingi oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta beserta direksi BUMD Pasar Jaya dan Food Station Tjipinang.

"Alhamdulillah hari ini empat pasar bisa diresmikan secara bersamaan. Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat," kata Anies di lokasi, Kamis (22/9/2022).

Anies memandang pasar merupakan tempat berinteraksi masyarakat. Di lokasi ini terjadi transaksi antara pedagang dan pembeli. Menurutnya, pasar-pasar tradisional mesti dibangun dengan menyesuaikan zaman.

"Karena itulah pasar harus dikembangkan sesuai dengan zaman. Jadi saya senang melihat pasar nuansa Indonesia-nya ada, tapi bersihnya-nyamannya terasa modern. Ini yang dibutuhkan," ujarnya.

Anies berharap renovasi pasar ini dapat menciptakan ekosistem pangan yang sehat dari pemasokan hingga distribusi. Dia juga berpesan agar para pedagang pasar dapat menjaga fasilitas-fasilitas yang baru terbangun dengan menumbuhkan rasa kepemilikan.

"Ketika lihat pasar ini, jangan lihat hanya kios saya. Kalau hanya lihat kios saya, yang lain nggak diurus, perhatikan, bantu, beri masukan, ikut ambil tanggung jawab. Dengan begitu, pasar ini nanti bisa terjaga dengan baik," jelasnya.

Pasar Cipinang Kebembem ini memiliki luas 2.500 meter persegi. Direktur Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo menjelaskan pembangunan Pasar Cipinang Kebembem telah dilakukan sejak 2020.

"Selama pembangunan, kita menyediakan tempat penampungan sementara bagi pedagang sehingga kegiatan operasional para pedagang bisa berjalan," jelasnya.

Tri menuturkan pasar ini memiliki 138 kios dengan okupansi mencapai 100 persen serta dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai ruang serbaguna hingga lapangan futsal hingga bulutangkis.

"Selain Pasar Kebembem, hari ini kita juga syukuran atas operasionalnya Pasar Sawah Besar, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat, yang sudah beroperasi dalam waktu dekat kemarin," tandasnya.

Simak juga 'Soal Tabloid Anies Baswedan di Malang yang Bikin Heboh':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT