Tiga Pelajar Pem-bully Disabilitas di Cirebon Diamankan

ADVERTISEMENT

Tiga Pelajar Pem-bully Disabilitas di Cirebon Diamankan

Ony Syahroni - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 17:33 WIB
Ilustrasi kasus bullying
Ilustrasi bullying (Mindra Purnomo/detikcom)
Cirebon -

Aksi perundungan disertai kekerasan yang dilakukan sejumlah pelajar SMA terhadap pemuda berkebutuhan khusus terjadi di Kabupaten Cirebon. Satreskrim Polresta Cirebon pun kini telah mengamankan tiga dari empat terduga pelaku perundungan tersebut.

"Kita sudah melakukan pengecekan terhadap kejadian tersebut. Kemudian orang tua korban langsung membuat laporan polisi. Kemudian kita dari Satreskrim sudah melakukan upaya penangkapan dengan membawa para terduga pelaku," kata Kasat Reskrim Polresta Cirebon Kompol Anton di Mapolresta Cirebon, dilansir dari detikJabar, Rabu (21/9/2022).

Anton mengatakan terduga pelaku dalam kasus perundungan yang disertai dengan kekerasan ini rata-rata berusia 15 tahun dan masih berstatus sebagai pelajar SMA. Sementara itu, korbannya adalah pemuda berusia 17 tahun.

"Untuk sementara ini kita mengamankan tiga orang terduga pelaku. Pertama adalah yang diduga berperan melakukan penganiayaan atau bully-an dengan cara menginjak-injak pundak korban. Kemudian kita juga mengamankan satu orang yang diduga melakukan tindakan pemukulan atau tendangan kepada korban. Kemudian kita juga mengamankan satu orang yang merekam video kejadian tersebut," kata Anton.

Saat ini tiga orang yang diduga menjadi pelaku perundungan disertai dengan kekerasan terhadap pemuda disabilitas itu telah diamankan di Mapolresta Cirebon. Mereka saat ini tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Untuk sementara, pasal yang kita terapkan, yang pertama Pasal 80 juncto 76 C UU RI No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Juga kita terapkan Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun dan maksimal 9 tahun," kata Anton.

Baca selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Viral Aksi Kekerasan Terhadap Remaja di Bogor, Polisi Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT