Menlu RI dan Menlu Australia Bertemu di New York Bahas Persiapan KTT G20

ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Menlu RI dan Menlu Australia Bertemu di New York Bahas Persiapan KTT G20

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 03:05 WIB
Menlu RI melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Australia
Foto: Menlu RI melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Australia (Andi Barus/Kemlu RI)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu empat mata dengan Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, di sela-sela rangkaian Sidang ke-77 Majelis Umum PBB di New York. Keduanya mendiskusikan persiapan KTT G20 di Bali.

KTT G20 di Bali dijadwalkan berlangsung pada 15-16 November 2022. Pertemuan bilateral dengan Menlu Australia bertempat di Perutusan Tetap RI untuk PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (20/9/2022) siang.

Dalam pertemuan itu, Menlu RI menyampaikan momentum pelaksanaan KTT G20 perlu dimanfaatkan untuk menunjukkan peran penting G20 dalam memberikan solusi atas berbagai tantangan global. Menlu menyebut dukungan dari sesama negara anggota penting demi kesuksesan KTT G20 mendatang.

Sementara itu, Menlu Wong kembali menyampaikan dukungan Australia terhadap presidensi Indonesia di G20, khususnya KTT G20 mendatang. Australia juga mengapresiasi berbagai pendekatan dan diskusi yang dilakukan Indonesia dalam memastikan dukungan penuh dari negara-negara anggota G20 terhadap berbagai kerja sama konkret hasil presidensi Indonesia dan KTT G20.

Indonesia dan Australia juga sepaham tentang G-20 harus memberikan manfaat bukan hanya ke negara-negara anggotanya, tetapi juga bagi komunitas internasional, termasuk negara-negara berkembang, di tengah tantangan dan situasi global saat ini.

Sebelum bertemu Menlu Penny, Menlu Retno bersama Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkes Budi Gunadi Sadikin menghadiri pembukaan Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi atau High-Level Week (HLW) Sidang Majelis Umum PBB ke-77 pagi tadi. Ini adalah sidang pertama PBB dengan kehadiran fisik 100 persen dalam 2 tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Menlu Retno memimpin delegasi RI dalam HLW Sidang Majelis Umum PBB 2022. Retno dijadwalkan menyampaikan pidato mewakili RI Senin (26/9) pekan depan.

Simak juga 'Tim Pencarian dan Penyelamat dari 20 Negara Berlatih di Bali Jelang KTT G20':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT