ADVERTISEMENT

4 Fakta Baru Bejat 4 ABG Perkosa Gadis di Jakarta Utara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 21:01 WIB
Ilustrasi Pembunuhan Pemerkosaan
Ilustrasi pemerkosaan (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Sungguh bejat aksi 4 ABG memperkosa gadis berusia 13 tahun di hutan kota Jakarta Utara. Kasus itu kini mendapatkan perhatian dari sejumlah figur publik, salah satunya Hotman Paris.

Pemerkosaan itu terjadi pada 6 September 2022. Keempat pelaku langsung dibekuk polisi.

Berikut sejumlah fakta baru terkait aksi pemerkosaan tersebut:


1. Pelaku Tak Ditahan

Kapolres Jakarta Utara Kombes Wibowo menegaskan pihaknya tidak bisa menahan pelaku pemerkosaan karena usianya masih di bawah umur. Sesuai amanat undang-undang, pelaku anak diselesaikan secara diversi.

"Sehingga penanganan yang kami gunakan juga harus sesuai aturan batasan usia si pelaku dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. Di Pasal 21 ini disebutkan bahwa anak berusia di bawah 12 tahun tidak bisa dipidana," kata Wibowo dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Utara, Selasa (20/9/2022).

Sebagai informasi, proses hukum terhadap anak berhadapan dengan hukum (ABH) tidak bisa disamakan dengan pidana bagi orang dewasa. Proses hukum terhadap ABH, terutama anak di bawah 14 tahun, harus mengikuti UU Sistem Peradilan Anak.


2. Dibina 6 Bulan

Wibowo mengatakan para pelaku akan diberi pembinaan enam bulan. Ia khawatir, bila dikembalikan, pelaku akan mengulangi kasus yang sama.

"Kalau kita kembalikan lagi, kita khawatir perbuatannya akan berulang kembali ya. Tapi kita sudah sepakat dengan tim bahwa anak-anak ini akan kita berikan pelatihan pendidikan dasar pembinaan selama 6 bulan dan nanti hasil kesepakatan kita akan ajukan ke pengadilan untuk dapat penetapan," ujarnya.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Simak juga Video: Tampang Pelaku Penyekapan-Pemerkosaan ABG SMP di Pati

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT