Profil Johanis dan Nyoman, Calon Pimpinan KPK Pengganti Lili Pilihan Jokowi

ADVERTISEMENT

Profil Johanis dan Nyoman, Calon Pimpinan KPK Pengganti Lili Pilihan Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 17:34 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan dua nama calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli. Kedua nama itu adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

Berdasarkan pemberitaan detikcom, dua orang tersebut memiliki pengalaman dan keahlian berbeda.

I Nyoman Wara adalah auditor utama investigasi di BPK. Pada 2018, dia pernah menjadi saksi ahli auditor BPK dalam kasus BLBI yang menjerat Syafruddin Arsyad Temenggung di Tipikor Jakarta.

Sementara itu, Johanis Tanak merupakan Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara. Dia juga pernah menjabat Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Kira-kira, siapakah yang nantinya menggantikan Lili?

Sebelumnya diketahui bahwa Lili Pintauli Siregar mundur dari kursi komisioner KPK di tengah pusaran kontroversi dugaan pelanggaran etik. Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak H Panggabean menyatakan penggantian Lili ada di tangan Presiden Jokowi. Aturannya tertera pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Jokowi pun mengeluarkan surat presiden (surpres) terkait calon pimpinan KPK pengganti Lili. Dua nama calon pengganti Lili Pintauli berada di kalangan anggota DPR RI.

"Yang saya dengar kan namanya Pak Johanis Tanak kalau nggak salah, sama Pak Nyoman Wara kalau nggak salah ya, yang dari BPK ya," kata anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT