Kala Ganjar Turun dari Mobil di Jalan Tol Saat Lihat Kebakaran Lahan

ADVERTISEMENT

Kala Ganjar Turun dari Mobil di Jalan Tol Saat Lihat Kebakaran Lahan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 10:46 WIB
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghentikan laju mobilnya saat melihat asap mengepul di lahan tepi Tol Semarang-Solo. Ia turun menuju sumber asap dan meminta agar api beserta asapnya segera dibereskan.

Hal itu dialami Ganjar saat pulang dari perjalanan dinas di Klaten menuju Semarang, Senin (19/9/2022). Seperti dilansir detikJateng, Ganjar tampak langsung bergegas turun dari mobilnya dan melompati pagar pembatas untuk turun ke sumber asap.

Ternyata di sana sudah ada dua petugas pengelola tol berompi biru yang berupaya memadamkan api dan asap dengan sekop. Mereka berusaha menimbun sumber asap dengan tanah. Ganjar juga sempat terlihat berbincang dengan warga dan petugas di lokasi. Petugas tol berupaya memadamkan termasuk dengan mengguyurkan air dari ember.

Ganjar mengatakan keberadaan asap yang cukup tebal itu cukup berbahaya apalagi di sekitar jalan tol. Hal itu berkaca pada peristiwa kecelakaan beruntun di Tol Pejagan-Pemalang yang melibatkan 13 kendaraan dan menyebabkan satu orang meninggal dunia, Minggu (18/9).

"Pasti banyak yang tidak paham dan tidak tahu. Ini sudah jadi indikator ya, kemarin itu kecelakaan yang menyedihkan, ya," kata Ganjar di lokasi, Senin (19/9).

Ganjar menyebut banyak warga yang tidak paham dengan risiko membakar rumput di tepi jalan tol. Ia mengaku telah berkoordinasi dengan kepala daerah terkait pelarangan membakar jerami atau lainnya.

"Kemarin saya langsung komunikasi dengan para bupati yang jalur atau daerahnya dilewati tol. Jangan bakar rumput jerami dan lainnya," ujarnya.

Silakan baca berita selengkapnya di sini.

(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT