Menlu Retno: Belanda Komitmen Dukung G20 Indonesia Sukses

ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Menlu Retno: Belanda Komitmen Dukung G20 Indonesia Sukses

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 00:42 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Belanda Wopke Hoekstra.
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Belanda Wopke Hoekstra. (Foto: Kemlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Belanda Wopke Hoekstra. Retno mengungkap dukungan penuh Belanda atas penyelenggaraan G20 Indonesia di Bali.

Pertemuan Menlu Retno dan Menlu Wopke Hoekstra digelar di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Minggu (19/9/2022). Menlu menyebut Belanda mendukung penuh kesuksesan G20 Indonesia yang digelar pertengahan November ini.

"Dengan Belanda kita hanya membahas bagaimana kita bersama-sama bekerja sama untuk dapat mensukseskan karena Belanda memang bukan negara G20 tapi Belanda berkomitmen untuk memberikan dukungannya sehingga G20 sukses," kata Menlu seusai pertemuan bilateral.

Menlu Retno menyebut Wopke Hoekstra mengapresiasi Indonesia terkait pertemuan para menteri luar negeri G20 di Bali beberapa waktu lalu. Retno menyebut Indonesia diapresiasi karena dapat mempersatukan.

"Dia tadi kembali menyampaikan apresiasi, dia hadir pada saat pertemuan Menlu dan dia sampaikan pada saat pertemuan Menlu, Indonesia berhasil menyatukan semua walaupun pada saat duduk kita tahu posisinya masing-masing, tetapi paling tidak Indonesia berhasil mendudukkan mereka di dalam satu ruangan untuk berdiskusi," ujar Retno.

Menlu Retno terbang ke New York dalam rangka mengikuti rangkaian High Level Week (HLW) Sidang Umum PBB yang berlangsung dari 20 hingga 26 September 2022. Sebelum HLW Sidang Umum PBB 2022, Menlu Retno melakukan sejumlah pertemuan bilateral.

Sebelum dengan Griffiths, Retno melakukan pertemuan dengan Antonio Guterres di Markas PBB, Minggu (18/9) waktu AS kemarin dan juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Belanda Wopke Hoekstra.

(gbr/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT