Viral CPNS Meninggal Saat Latihan Militer, Bakamla Beri Penjelasan

ADVERTISEMENT

Viral CPNS Meninggal Saat Latihan Militer, Bakamla Beri Penjelasan

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 19:18 WIB
Twitter
Ilustrasi Media Sosial (Getty Images/bombuscreative)
Jakarta -

Kabar mengenai kematian seorang CPNS Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) tersebar di media sosial. CPNS tersebut berinisial MAAH.

Dari postingan di Reddit seperti dilihat, Senin (19/9/2022), cerita kematian MAAH dilaporkan oleh akun yang mengaku sebagai teman MAAH. MAAH dikabarkan mengikuti latihan yang dituliskan sebagai 'latihan militer'.

Kemudian, pengunggah mendapatkan kabar geger kematian MAAH dari sebuah broadcast di grup WhatsApp. Di sana, dijelaskan kronologi kematian MAAH.

MAAH disebut mengikuti kegiatan pembinaan fisik (binsik) pada pagi hari. Saat itu, MAAH sudah berkonsultasi dengan dokter angkatan laut.

"Diagnosa awal ybs sakit nyeri sendi dan dehidrasi serta ada dahak di paru, sudah disarankan ke ybs untuk tidak mengikuti kegiatan binsik," tulis keterangan broadcast grup WhatsApp yang diterima pengunggah.

Namun MAAH disebut memaksakan diri lari sore. MAAH mengikuti latihan tapi terpisah dengan kelompok lain.

Saat itu, MAAH disebut sempoyongan dan langsung diangkut ambulans. Sampai di rumah sakit, MAAH kejang-kejang.

"TW 0918.2240 ybs kembali kritis, mendapat pertolongan dokter, TW 0918.2250 ybs dinyatakan meninggal," keterangan broadcast tersebut.

Bakamla Buka Suara

Bakamla RI membenarkan adanya CPNS atas nama MAAH meninggal dunia. Kepala Humas dan Protokol Bakamla Kolonel Wisnu Pramandita menepis MAAH mengikuti latihan militer, melainkan latihan Coast Guard Basic Training (CGBT).

"Benar, untuk detailnya akan dirilis. Namun CGBT bukan latihan militer sebenarnya, lebih kepada latihan bela negara jadi tidak ada latihan keras seperti militer/tentara pada umumnya," ujar Kolonel Wisnu Pramandita kepada detikcom, Senin (19/9/2022).

Dilansir dari situs resmi tni.mil.id, CGBT merupakan tahapan pendidikan lanjutan bagi CPNS Bakamla RI. Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan profesionalisme dan pembentukan karakter.

Personel Bakamla RI dilatih untuk menjadi sosok paramiliter yang memiliki mental, sikap dan disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas yang menanti.

Kembali ke MAAH, Wisnu mengatakan MAAH meninggal dunia karena sakit. Namun ia tak menjelaskan penyakit apa yang diderita MAAH.

"Ybs meninggal karena kondisi sakit," kata Wisnu.

Wisnu menambahkan tidak ada pemaksaan dalam CGBT. Pihaknya akan segera melakukan evaluasi.

"Namun tim bakamla sedang melaksanakan evaluasi bersama dengan tim puslatdiksarmil kodiklatal yg melaksanakan pendidikan bela negara (CGBT) Bakamla," tuturnya.

"Secara detil saya masih mengumpulkan data untuk buat rilisnya," imbuhnya.

Lihat juga Video: Olivia Nathania Absen Sidang Perdana Gugatan Perdata CPNS Bodong

[Gambas:Video 20detik]




(isa/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT