Jokowi Kirim Surpres Pimpinan KPK Pengganti Lili Pintauli ke DPR

ADVERTISEMENT

Jokowi Kirim Surpres Pimpinan KPK Pengganti Lili Pintauli ke DPR

Nahda Utami - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 16:01 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan kabar terbaru terkait pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar. Pratikno menyebut surat Presiden (surpres) Joko Widodo (Jokowi) terkait calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli sudah dikirim ke DPR RI.

"Sudah disampaikan ke DPR surpresnya, ada surpresnya sudah disampaikan ke DPR," kata Pratikno kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Pratikno menyebut surpres itu telah diserahkan ke DPR sejak pekan lalu. Namun dia enggan menjawab nama pengganti Lili di kursi pimpinan KPK.

"Sudah semingguan yang lalu. Tanya ke DPR (pengganti Lili sebagai pimpinan KPK)" jelasnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir sebelumnya mengatakan belum menerima surpres soal calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar yang telah mengundurkan diri. Adies mengimbau Jokowi agar segera mengirim nama pengganti Lili.

"Kami masih menunggu jadi DPR tentunya menunggu surat dari presiden terkait dengan pergantian tersebut," kata Adies kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/9).

Adies mengatakan surpres terkait pengganti Lili harus segera dikirimkan agar bisa dibahas di Komisi III DPR. Dia mengatakan kekosongan satu kursi pimpinan KPK harus segera diisi.

"Jadi kalau sudah datang baru kita bahas, tapi sebaiknya memang kami mengimbau kepada Presiden, pemerintah mungkin lebih cepat diajukan karena terkait dengan korupsi ini harus menjadi perhatian khusus, harus extraordinary, jadi harus cepat-cepat ditentukan siapa pengganti ibu tersebut," jelas Adies.

"Kalau kami menanyakan kemarin ke KPK mereka masih berjalan seperti apa adanya, tapi tetap harus terpenuhi agar bisa lebih maksimal kinerjanya," sambungnya.

(nhd/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT