Kecelakaan di Pejagan Tewaskan 1 Orang: Kronologi Hingga Penyebab

ADVERTISEMENT

Kecelakaan di Pejagan Tewaskan 1 Orang: Kronologi Hingga Penyebab

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 13:21 WIB
Kecelakaan di Pejagan, Jawa Tengah melibatkan 13 kendaraan mobil tabrakan beruntun. Insiden tersebut terjadi pada Minggu, 18 September 2022.
Kecelakaan 13 Kendaraan di Pejagan, Jawa Tengah (Foto: Tangkapan Layar)
Jakarta -

Kecelakaan di Pejagan, Jawa Tengah melibatkan 13 kendaraan mobil tabrakan beruntun. Insiden tersebut terjadi pada Minggu, 18 September 2022.

Lantas, apa yang menjadi penyebab kecelakaan di ruas jalan tol Pejagan-Pemalang tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Kronologi Kecelakaan di Pejagan

Kecelakaan lalu lintas terjadi di KM 253 ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (18/9/2022) pukul 14.00 WIB. Dilansir detik Jateng, kecelakaan berawal saat satu unit kendaraan terdepan mengerem mendadak, kemudian disusul pengemudi di belakangnya tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Lalu, kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun sempat menutupi seluruh lajur 2 dan lajur 1, berhimpit menghadap ke timur dan mengalami kerusakan berat. Sebanyak 13 mobil terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan di Pejagan, Jawa Tengah melibatkan 13 kendaraan mobil tabrakan beruntun. Insiden tersebut terjadi pada Minggu, 18 September 2022.Kecelakaan di Pejagan, Jawa Tengah melibatkan 13 kendaraan mobil tabrakan beruntun. Insiden tersebut terjadi pada Minggu, 18 September 2022. (Foto: dok. Polda Jateng)

Korban Kecelakaan: 1 Tewas, 19 Luka-luka

Kecelakaan maut itu menewaskan Muhamad Singgih Adika, anak dari Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung, Amir Yanto. Identitas itu diketahui berdasarkan dokumen SIM dan KTP dalam mobil korban.

"Namanya Singgih dia penumpang mobil Civic. Kita tahu dari KTP dan SIM yang ditemukan di mobil Civic," kata Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Tanjung Brebes, Yudho Tigo P, dikutip detikcom, Senin (19/9/2022).

Selain korban tewas, sebanyak 19 orang mengalami luka-luka. Para korban pun telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

13 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Pejagan-Pemalang

Ada 13 kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan di Pejagan tersebut. Berikut ini data ketigabelas kendaraan yang dimaksud, di antaranya:

  1. Fortuner H 1236 IP
  2. Avanza B 1674 EVM
  3. Avanza H 8538 YP
  4. Honda Civic AG 1870 ME
  5. Expander AB 1125 UP
  6. Innova G 9133 QC
  7. Ertiga B 1781 DS
  8. Calya B 1466 UIK
  9. Truk boks B 9076 UCG
  10. Xenia B 1301 BK
  11. Expander H 8538 YP
  12. Chevrolet spin D 1782 XU
  13. Innova B 1674 EVM.

Penyebab Kecelakaan di Pejagan: Asap Pembakaran Lahan

Manager Operasional Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR), Ian Dwinanto menjelaskan jika penyebab kecelakaan di KM 253+00 Jalur A ruas jalan tol Pejagan-Pemalang tersebut terjadi akibat berkurangnya jarak pandang karena adanya asap tebal. Asap itu bukan dipicu oleh puntung rokok, namun karena pembakaran lahan area sawah setelah panen.

"Sumber kebakaran bukan dari puntung rokok, tapi dari lahan yang dibakar secara sengaja oleh petani sekitar wilayah tol," kata Ian, dikutip detikcom, Senin (19/9/2022).

Ian mengatakan hal tersebut biasa dilakukan oleh petani menjelang masa tanam baru.

"Intensitasnya saat akhir musim kering menjelang masa tanam baru, biasa dilakukan bakar lahan ini," lanjut Ian.

Pihak Operasional Tol Akan Intensifkan Sosialiasi Larangan Pembakaran Lahan di Area Tol

Sebelumnya, pihak Operasional Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) sudah melakukan sosialisasi ke para pemilik lahan pertanian untuk tidak melakukan pembakaran lahan di areal persawahan yang mengapit jalur tol, karena membahayakan. Namun, dengan terjadinya kecelakaan di Pejagan ini, sosialisasi akan lebih diintensifkan.

"Sosialisasi sudah sering kita lakukan, karena memang berbahaya pengguna jalan tol. Ke depan, pasti kita gandeng Muspida dan stakeholder yg lain untuk intensifkan sosialisasi larangan bakar lahan tersebut," ungkap Manager Operasional Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR), Ian Dwinanto.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT