KAI Terus Patroli di Gunung Antang, Cegah Bangunan Liar Berdiri Lagi

ADVERTISEMENT

KAI Terus Patroli di Gunung Antang, Cegah Bangunan Liar Berdiri Lagi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 12:06 WIB
Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta terus patroli dan pengamanan aset di kawasan Gunung Antang, Jaktim. (dok KAI Daop 1 Jakarta)
Foto: Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta terus patroli dan pengamanan aset di kawasan Gunung Antang, Jaktim. (dok KAI Daop 1 Jakarta)
Jakarta -

Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta terus patroli dan pengamanan aset di kawasan Gunung Antang, Jakarta Timur (Jaktim). Sebelumnya KAI telah menertibkan 120 bangunan liar di kawasan tersebut.

"Antisipasi agar sejumlah warga yang masih terlihat berada di lokasi tersebut tidak mendirikan kembali bangunan liar dan menempati secara ilegal kawasan Gunung Antang," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Senin (19/9/2022).

Penertiban dilakukan karena diduga marak dengan praktik prostitusi dan perjudian yang meresahkan warga sekitar.

KAI Daop 1 Jakarta berkoordinasi dengan Pemkot Jaktim agar dapat segera melakukan relokasi dan penanganan serta pemberdayaan bagi warga yang terlihat masih ada di lokasi kawasan Gunung Antang.

Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta terus patroli dan pengamanan aset di kawasan Gunung Antang, Jaktim. (dok KAI Daop 1 Jakarta)Sebelumnya KAI telah menertibkan 120 bangunan liar di kawasan tersebut (dok KAI Daop 1 Jakarta)

Penertiban area lahan PT KAI seluas 2.788,92 meter persegi itu dilakukan sesuai itu sertifikat hak pakai no.388 tahun 1988. Penertiban dilakukan pada Selasa (30/8) berkoordinasi dengan Pemkot Jaktim serta TNI-Polri dan Tim Satker Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta-Banten (BTPWJB) DJKA Kemenhub.

"Bangunan liar yang berada di lahan KAI tersebut ditertibkan dengan melibatkan sebanyak 800 personel gabungan yang terdiri dari PT KAI Daop 1, TNI, Polri, Pol PP, BTPWJB, dan unsur kewilayahan setempat," katanya.

Dia mengatakan mayoritas bangunan liar yang ditertibkan merupakan bangunan tidak permanen dan berdiri tanpa izin atau ilegal. Sebelumnya, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan koordinasi kewilayahan dan sosialisasi bersama kepada penghuni bangli untuk mengosongkan lokasi tersebut.

"Secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar dan kondusif," ucapnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengiimbau kepada seluruh masyarakat agar menaati peraturan yang ada, serta tidak mendirikan bangunan secara ilegal di lahan PT KAI. Adapun undang-undang yang mengatur tentang keselamatan perjalanan KA tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta terus patroli dan pengamanan aset di kawasan Gunung Antang, Jaktim. (dok KAI Daop 1 Jakarta)Mayoritas bangunan liar yang ditertibkan merupakan bangunan tidak permanen dan berdiri tanpa izin atau ilegal (dok KAI Daop 1 Jakarta)

Lihat juga video 'Ganggu Lintas Stasiun Tanjung Priok-Ancol, 326 Bangunan Liar Ditertibkan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT