ADVERTISEMENT

Legislator PDIP Harap Mendagri Usul Pejabat Wanita untuk Pj Gubernur DKI

Indra Komara - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 11:21 WIB
Kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tampak kosong. Usai Ahmad Riza terkonfirmasi positif corona, gedung Blok B Balai Kota ditutup sementara.
Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Nama Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan kini di tangan Kemendagri untuk kemudian disetorkan ke Presiden Jokowi. Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Gilbert Simanjuntak berharap Mendagri Tito Karnavian mengusulkan nama pejabat wanita untuk mengisi sementara kursi DKI 1 usai Anies purnatugas.

"Melihat semua calon yang berasal dari DPRD (DKI) adalah laki-laki, maka ada baiknya Mendagri mengajukan perempuan ada dalam nama calon dari pihak Kemendagri," kata Gilbert, dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Dia berharap nama pejabat wanita itu sesuai kriteria daalam Undang-Undang dan paham soal Jakarta. Gilbert kemudian menyebut dua pejabat wanita yang dinilai layak untuk diusulkan sebagai Pj Gubernur DKI.

"Ir Suharti pernah menjadi Deputi Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman DKI sebelum sekarang menjadi Sekjen Kemendikbud dan Ristek. Selama menjabat, juga mempunyai rekam jejak yang baik dan komunikasi dengan DPRD juga baik," paparnya.

Kemudian Gilbert juga menyebut nama Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Ristek Chatarina Muliana Girsang yang dianggap layak sebagai pemimpin DKI. Menurutnya Chatarina punya rekam jejak yang baik.

"Irjen Kemendikbud dan Ristek Chatarina Girsang juga layak untuk diajukan sebagai calon perempuan untuk Penjabat Gubernur. Rekam jejak yang baik, mantan Direktur di KPK," ucapnya.

Gilbert menilai calon Pj Gubernur DKI yang sudah pernah bekerja di Jakarta akan lebih mudah untuk beradaptasi menuntaskan program DKI di sisa masa kerja 2,5 tahun.

"DKI sebagai barometer untuk daerah lain, sebaiknya memberi contoh soal ini. Pilihan akhir tentu di tangan Presiden, tetapi mendidik masyarakat agar semakin dewasa berdemokrasi perlu diupayakan. Masyarakat Jakarta perlu memberi contoh menyikapi kemajemukan yang dewasa dan rasionil," katanya.

3 Nama Pj Gubernur Usulan DPRD DKI

DPRD DKI telah menyerahkan tiga nama Pj Gubernur DKI pengganti Anies. Tiga nama yang diserahkan ke Kemendagri yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Tiga nama yang diserahkan ke Kemendagri itu telah disetujui dalam rapat pimpinan gabungan DPRD DKI Jakarta. Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga mengatakan Pj Gubernur usulan Kemendagri bisa saja sama dengan yang calon yang diusulkan DPRD DKI.

"Bisa saja sama, bisa saja beda," kata Kastorius Sinaga di kantor Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Kastorius mengatakan pihaknya telah menerima tiga nama calon Pj Gubernur pengganti Anies usulan DPRD DKI. Dia enggan mengungkap siapa tiga calon Pj Gubernur DKI dari Kemendagri.

"Belum bisa saya katakan, masih berproses," ujarnya.

Simak juga video 'DPRD DKI Tentukan Usulan Pj Gubernur: Heru Budi, Marullah & Bahtiar':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT