Anies Pimpin Upacara Peringatan ke-77 Rapat Raksasa Ikada di Monas

ADVERTISEMENT

Anies Pimpin Upacara Peringatan ke-77 Rapat Raksasa Ikada di Monas

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 08:46 WIB
Upacara peringatan ke-77 Hari Rapat Raksasa Ikada, di Plaza Selatan Monas.
Foto: Upacara peringatan ke-77 Hari Rapat Raksasa Ikada, di Plaza Selatan Monas (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara peringatan ke-77 Hari Rapat Raksasa Ikada. Upacara digelar di Kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (19/9/2022), pukul 07.29 WIB, upacara dimulai. Kemudian, pukul 07.35 Anies terlihat memasuki mimbar upacara.

Dalam upacara tersebut hadir Veteran kemerdekaan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI. Dalam sambutannya, Anies mengatakan para ASN memiliki tanggung jawab untuk memastikan cita-cita para pejuang dahulu dapat ditunaikan.

"Di Jakarta rapat Ikada ini diperingati, kita punya tanggung jawab yang lebih besar karena di kota ini proklamasi dikumandangkan, dan di kota ini kita harus memastikan bahwa semua yang dijanjikan oleh kemerdekaan bisa tertunaikan untuk seluruh rakyat Jakarta," kata Anies.

Anies berpesan agar para ASN meneladani perjuangan warga Indonesia di masa perjuangan dahulu. Dia mengingatkan ASN bahwa upacara tersebut bukan sekedar ritual, namun perjuangan yang harus selalu diperingati dan diingat.

"Ibu bapak mewakili jajaran Pemprov kita bertanggung jawab pastikan cita-cita, janji kemerdekaan bisa tertunaikan. Untuk semua saya ingin sampaikan jangan pandang kegiatan ini sebagai ritual tahunan yang harus dilaksanakan dan kalau sudah ritualnya maka selesai sudah kegiatannya. Ibu sekalian nama kegiatannya adalah peringatan, mengingatkan kita atas sebuah peristiwa penting," ujarnya.

"Jadi bila hari ini bapak ibu sekalian kita bertemu dengan rakyat kebanyakan, maka ingatlah mereka ini adalah contoh orang-orang yang dulu ikut berjuang pada masa itu mereka tidak tercatat namanya tapi ketika disebutkan di dalam ringkasan peristiwa yang disebutkan hanya satu nama dua nama, tapi ratusan ribu orang yang datang tidak disebut namanya, mereka memang tidak pernah terkenal tapi mereka adalah peringatan untuk kita semua," sambungnya.

Anies mengatakan para peserta upacara hari ini merupakan orang-orang beruntung yang dapat ikut memperingati Rapat Raksasa Ikada. Dia mengimbau para ASN harus membawa kesejahteraan bagi rakyat.

"Karena kita sekarang menjadi penyelenggara negara, dahulu penyelenggara negara nya menghisap kekayaan alam memeras keringat rakyat dan semuanya diambil untuk dibawa ke negerinya sendiri,hari ini penyelenggara negara adalah dari rakyat maka kita tidak boleh menjadi penghisap bagi rakyat kita harus menjadi pembawa kesejahteraan dan rasa keadilan bagi seluruh rakyat," katanya.

Lebih lanjut, Anies berpesan kepada para ASN untuk selalu menjaga integritas. Menurutnya, dengan keseriusan dalam bekerja, merupakan salah satu cara membangun integritas.

"Kita jaga hari ini dengan integritas dan kita jaga dengan keseriusan, dalam kita bekerja kita jaga dengan keseriusan, kita membangun, kita jaga dengan keseriusan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Jakarta, itu adalah pesan pertama pesan terutama dari perjuangan," tuturnya.

Lihat juga video 'Anies soal Masuk Radar Capres Demokrat: Selesaikan Dulu di DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT