Walkot Idris Soal Mars dan Himne Depok: Untuk Masyarakat Sifatnya Imbauan

ADVERTISEMENT

Walkot Idris Soal Mars dan Himne Depok: Untuk Masyarakat Sifatnya Imbauan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 21:14 WIB
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Dwi Rahmawati/detikcom)
Foto: Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebut penggunaan mars dan himne Kota Depok tak diwajibkan bagi masyarakat. Penggunaan lagu bersifat imbauan kepada warganya.

"Untuk masyarakat sifatnya hanya imbauan. Mau dipakai silakan atau nggak ya gapapa," papar Idris melalui keterangan video resminya, dilihat Minggu (18/9/2022).

Idris menyebut kehadiran mars "Depok Sejahtera" dan himne "Damai Depokku" tersebut bukan untuk menginternalisasi pejabat ASN. Surat edaran disematkan ke pegawainya bersifat arahan.

"Menyanyikan mars dan himne tadi, beda dengan protokoler negara dengan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan. Tetapi mars dan himne ini tidak, tapi dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai yang ada dalam lirik-lirik tersebut kepada ASN dan masyarakat. Saya membuat surat edaran kepada ASN, pemerintah, birokrasi, atau institusi pemerintah sifatnya arahan," ungkap Idris.

Menurut Idris lirik yang ada di dalamnya merupakan harapan yang baik untuk keberlangsungan Kota Depok.

"Ini kan lagu dan lirik di samping sebuah realitas tapi juga sebagai sebuah asa atau sebuah cita-cita, kan sah-sah saja," papar Idris.

Idris mengatakan Mars dan Himne yang ditulis merupakan hasil renungannya. Makna di lagu masih berkaitan dengan posisi Kota Depok yang disebut sebagai penyangga Ibu Kota, tetapi di sisi lain juga sebagai etalase Jawa Barat.

"Sebenarnya itu juga hasil renungan, mungkin orang bilang ada bakat tapi saya tidak merasa tapi saya serahkan dengan yang pakar dalam hal ini para seniman, saya serahkan ini layak atau tidak," papar Idris.

"Historinya adalah kemajuan Kota Depok dengan yang dulu diceritakan sebagai penyangga Ibu Kota dan realitas sebenarnya sebagai etalase Jabar tentunya dia harus di sisi udaranya bagus, dari sisi lingkungannya juga bagus, dari sisi keluarganya juga harmonis dan sebagainya," pungkasnya.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT