Menko Muhadjir Effendy: Kepergian Azyumardi Azra Sangat Mengejutkan

ADVERTISEMENT

Menko Muhadjir Effendy: Kepergian Azyumardi Azra Sangat Mengejutkan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 17:26 WIB
Azyumardi Azra (Jordan/detikcom)
Azyumardi Azra (detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berduka atas wafatnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Muhadjir menyebut kepergian sang cendekiawan muslim sangat mengejutkan.

"Kepergian beliau sangat mengejutkan," kata Muhadjir kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Muhadjir mengaku memantau perkembangan kondisi Azyumardi Azra, baik saat masih di dalam pesawat maupun saat dilarikan ke rumah sakit. Muhadjir mendapat informasi Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang dekat Bandara Kuala Lumpur International Airport.

"Saya kebetulan sudah mendapat informasi dan ikut memantau sejak kemarin waktu masih di atas pesawat hingga dievakuasi ke Rumah Sakit Serdang dekat airport," kata Muhadjir.

Muhadjir menyatakan Azyumardi Azra adalah sahabatnya yang juga bergabung di Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS). Muhadjir mengungkap sejatinya mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu akan mendapat giliran menjabat menjadi ketua umum HIPIIS.

"Kami bersahabat kebetulan umurnya sebaya, sama-sama bergabung di HIPIIS (Himpunan Indonesia untuk pengembangan Ilmu-ilmu Sosial). Mestinya beliau mendapat giliran untuk menjabat sebagai ketua umum HIPIIS," ujarnya.

Diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia, hari ini. Azyumardi wafat setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia.

"Benar. Saya konfirmasi ke istri beliau yang berada di sana. Sekarang jenazahnya sedang diurus kedutaan," kata Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu, Minggu (18/9).

Simak Video: JK Kenang Azyumardi Azra Sebagai Sosok yang Punya Banyak Jasa

[Gambas:Video 20detik]



(whn/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT