Pemprov DKI Akan Tambah SPKLU di Jakarta

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Akan Tambah SPKLU di Jakarta

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 17 Sep 2022 13:10 WIB
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya bersinergi membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Jakarta, Senin (25/7/2022).
Foto ilustrasi SPKLU: (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah titik-titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jakarta. Kepala Dinas Perhubungan DKI Sayfrin Liputo mengatakan akan ada dua titik pemasangan SPKLU.

"Saat ini sedang diidentifikasi, ada dua titik yang nantinya akan dilakukan pemasangan, untuk lokasinya di terminal yang ada di DKI Jakarta," kata Syafrin di Lapangan Monas, Jakarta Pusat usai upacara Hari Perhubungan Nasional, Sabtu (17/9/2022).

Syafrin mengatakan saat ini pihaknya terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pembangunan SPKLU. Dia menyebut di sejumlah lokasi terminal akan dipasang SPKLU.

"Untuk SPKLU tentu selain yang sudah dekat ini kami juga terus berkolaborasi dengan swasta, agar mereka melakukan pembangunan SPKLU, kerja sama diantaranya dengan anak usaha JakPro, dan itu sedang kami identifikasi di beberapa lokasi terminal nantinya akan dipasang SPKLU untuk mendukung program kendaraan bermotor berbasis listrik," ujarnya.

Untuk diketahui, SPKLU sudah ada di beberapa titik di seluruh Indonesia. Hingga saat ini tercatat sudah tersedia 150 unit SPKLU PLN pada 117 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, ada juga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Saat ini ada lima unit yang terpasang di Jakarta, dan dua unit di Surabaya. Pada 2022 direncanakan akan dibangun 70 unit SPBKLU dengan jumlah sekitar 300 baterai dan lokasi tersebar di Pulau Jawa dan Bali.

Pada Agustus 2021 Jakarta juga sudah mempunyai SPKLU yang berlokasi di MT Haryono dan Lenteng Agung, Jakarta. Saat baru pertama muncul masyarakat bisa memanfaatkan dua SPKLU itu secara gratis.

Simak juga 'Ubah Kebiasaan, Ngecas Mobil Listrik Gak Harus Tunggu Habis':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT