ADVERTISEMENT

Pelapor Kamaruddin dan Deolipa Dipanggil Bareskrim Pekan Depan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 16 Sep 2022 18:17 WIB
gedung bareskrim polri
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Ketua Aliansi Advokat Anti Hoax, Zakirudin Chaniago, mengatakan dia akan dipanggil Bareskrim Polri pekan depan. Zakirudin dipanggil terkait laporannya terhadap Kamaruddin Simanjuntak dan Deolipa Yumara,

Kamaruddin dan Deolipa dilaporkan oleh Zakiruddin ke Bareskrim Polri. Keduanya dilaporkan atas dugaan hoax di kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

"Insyaallah, minggu depan saya akan hadir memenuhi undangan dari Bareskrim untuk klarifikasi LP saya," kata Zakirudin saat dimintai konfirmasi, Jumat (16/9/2022).

Namun Zakirudin belum mengetahui secara pasti tanggal pemanggilan. Dia mengatakan laporan yang awalnya dilayangkan ke Direktorat Tindak Pidana Umum, sekarang ditangani Direktorat Tindak Pidana Siber.

"Pastinya saya belum tahu (ditangani direktorat mana), LP di Dittipidum. Sedangkan berita lalu Kadiv Humas katakan sedang didalami Dittipsiber. Nanti dikabari kalau sudah pasti harinya," katanya.

Kamaruddin dan Deolipa dilaporkan oleh Ketua Umum Aliansi Advokat Anti Hoax Zakirudin ke Bareskrim Polri pada Rabu (31/8). Laporan itu diterima dan teregistrasi dengan nomor STTL/315/VIII/2022/BARESKRIM.

"Terkait pemberitaan-pemberitaan dari bulan Juli sampai Agustus, kan berseliweran dari dua orang ini pemberitaannya, baik mengarah kepada soal Brigadir Yosua maupun kepada kepribadiannya FS (Ferdy Sambo) dan PC (Putri Candrawathi)," kata Zakirudin kepada wartawan, Jumat (2/9).

Kamaruddin merupakan pengacara keluarga Brigadir Yosua, sementara Deolipa Yumara merupakan mantan pengacara salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan Yosua, Bharada Eliezer.

Zakirudin menjelaskan, pihaknya melaporkan Kamaruddin terkait sejumlah pernyataannya. Salah satunya terkait sayatan pada jenazah Yosua.

Lihat juga video 'Hakim Mau Kabareskrim-Bharada E Hadiri Sidang Gugatan Deolipa Pekan Depan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak respons Deolipa dan Kamaruddin di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT