KSAD Minta Prajurit Hentikan Kecaman untuk Effendi Simbolon

ADVERTISEMENT

KSAD Minta Prajurit Hentikan Kecaman untuk Effendi Simbolon

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 13:24 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (Wildan N/detikcom)
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (Wildan N/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman telah menerima permohonan maaf dari politikus Effendi Simbolon. Karena itu, dia meminta jajarannya menghentikan pernyataan terbuka mengecam Effendi Simbolon.

"Saya sampaikan tadi bahwa permintaan maaf Pak Effendi, dengan lapang dada TNI Angkatan Darat menyatakan menerimanya. Dan saya sampaikan kepada seluruh jajaran agar menghentikan untuk kegiatan-kegiatan menyampaikan secara perorangan dan sebagainya sudah cukup beliau sudah meminta maaf," kata Dudung dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Dudung menyebut kasus ini harus membuat TNI AD lebih dewasa dan lebih legowo. Dia menyebut TNI sudah biasa mengatasi masalah-masalah.

"Kita harus lebih dewasa, kita harus lebih legowo, kita sudah terbiasa menghadapi tantangan-tantangan yang sulit sekalipun nyawa. Kalau hanya berita-berita seperti itu kecil bagi kami untuk menghadapinya," katanya.

Sebelumnya, prajurit TNI AD dari berbagai daerah ramai-ramai mengecam Effendi Simbolon. Buka suara para perwira tersebut ternyata berangkat dari adanya perintah Jenderal Dudung Abdurachman.

Berdasarkan video yang didapat detikcom dari salah seorang anggota DPR, Rabu (14/9), tampak perekam merekam arahan Dudung di layar TV. Dudung tampak melakukan video conference dengan jajarannya.

Saat memberi arahan, Dudung didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto. Dudung meminta jajarannya tak jadi ayam sayur, yang hanya diam.

"Kita jadi petarung, jadi jagoan. Jangan jadi ayam sayur. Saya lihat itu diam semua. Nanti lihat tanggal 26, saya buktikan pada kalian... (ucapan tidak jelas)," ujar Dudung dalam video tersebut.


Saksikan juga Blak-blakan minggu ini.
Pemerintah Bentuk Timsus Urus Bjorka, Ruby Alamsyah: Seperti Gajah Lawan Semut

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT