BEM Nusantara Siap Bantu Pemerintah Kawal Bansos Kenaikan BBM Subsidi

ADVERTISEMENT

BEM Nusantara Siap Bantu Pemerintah Kawal Bansos Kenaikan BBM Subsidi

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 12:03 WIB
BEM Nusantara
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Sekretaris Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Reja Anggara mengatakan bantuan sosial (bansos) yang diberikan kepada masyarakat adalah solusi pemerintah dalam penyesuaian kenaikan harga BBM bersubsidi. Menurutnya, pemerintah paham bagaimana harus mengatasi dampak kenaikan harga BBM dan berbagai reaksi di masyarakat.

"Ini adalah solusi dari pemerintah," ujar Reja dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

"Pemerintah yang lebih tahu bagaimana mengatasi permasalahan ini. Namun demikian, pemerintah juga antisipasi terkait fenomena yang terjadi di masyarakat dan paradigma bahwa Indonesia mengalami inflasi tinggi," imbuhnya.

Hal tersebut Reja sampaikan dalam diskusi yang bertema 'Membongkar Persoalan di Balik Kenaikan Harga BBM' di Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (14/9) kemarin.

Menurut Reja, apa yang dilakukan pemerintah saat ini adalah upaya mengantisipasi menghadapi situasi yang sulit, apalagi masyarakat sedang berada dalam pemulihan ekonomi nasional. Untuk mengatasi hal tersebut, ia juga meminta pemerintah untuk bisa mengatasi dampak lain dari penyesuaian harga BBM.

"Bagaimana kita mengadvokasi masyarakat bahwa bantuan ini benar-benar turun ke masyarakat. Dan juga kita meminta kepada pemerintah mengatasi dampak nantinya dimana harga-harga lainnya seperti transportasi umum agar tidak membebani masyarakat," tuturnya.

Selain itu, Reja mengatakan mahasiswa memiliki peran penting agar program bansos dari pemerintah bisa tetap sasaran. Ia menyatakan, pihaknya siap mengawal kebijakan dan penyaluran penyesuaian bersubsidi agar sampai ke masyarakat. Harapannya, dengan pengawalan yang pihaknya lakukan, maka pemerintah bisa lebih cepat memulihkan ekonomi nasional.

"Harapannya pemerintah dapat memulihkan ekonomi lebih cepat dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi muda-mudi Indonesia dan tentunya hal ini akan membuat angka pengangguran menurun, maka ekonomi akan berpengaruh baik," pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT), Bantuan subsidi upah (BSU) dan bantuan transportasi umum. Bansos ini adalah solusi dari pemerintah akan penyesuaian harga BBM dan akan disalurkan melalui Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Simak juga 'Jokowi Klaim BLT BBM Telah Diterima Lebih dari 8 Juta Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT