Melawan Lupa, Suciwati Luncurkan Buku 'Mencintai Munir'

ADVERTISEMENT

Melawan Lupa, Suciwati Luncurkan Buku 'Mencintai Munir'

Silvia Ng - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 21:15 WIB
Istri Munir Said Thalib, Suciwati.
Suciwati (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

Istri Munir Said Thalib, Suciwati, meluncurkan buku berjudul 'Mencintai Munir'. Dia mengatakan buku ini merupakan bentuk keengganannya melupakan kasus pembunuhan suaminya 18 tahun silam.

"Merawat ingatan, melawan lupa. Itu bagian dari yang selama ini aku perjuangkan ya," kata Suciwati kepada wartawan di kafe Dialogue, Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (14/9/2022).

Suciwati mengatakan buku ini mengungkap hal-hal yang tidak diketahui publik soal sosok Munir. Terlebih soal Munir yang sangat mencintai Indonesia.

"Bagaimana banyak hal yang tidak terekspos di publik, aku pikir penting untuk diketahui oleh publik, dan yang tadi banyak orang bilang bahwa Munir ini antek asing dan sebagainya. Padahal, orang harus tau bahwa dia sangat amat mencintai Indonesia, bahkan nyawanya, pun tidak pernah dipikirkan," jelas dia.

"Itu untuk Indonesia, untuk memperbaiki Indonesia, di mata dunia bagaimana dulu hak asasi manusia sangat tidak dihargai dan di mata internasional, Indonesia itu buruk, dan Munir menyuarakan itu untuk lebih memperbaiki Indonesia, bahwa ada kok kita ngomong hak asasi," sambungnya.

Suciwati mengatakan proses pembuatan buku ini dilakukan selama 10 bulan. Dia menyebutkan dia harus mengelola emosinya saat proses itu.

"Tantangannya ada pada diri sendiri, ketika masuk ruang-ruang emosi yang luar biasa menyakitkan, saya harus break dulu, enggak mau buka laptop satu bulan," ungkap dia.

Dalam buku itu, Suciwati menceritakan soal keseharian Munir yang begitu banyak membantu orang tertindas semasa hidupnya. Dia berharap anak-anak muda bisa tergerak hingga muncul sosok Munir masa kini.

"Saya membayangkan anak-anak muda bisa seperti Cak Munir dan banyak lahir Munir-Munir lainnnya," katanya.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT