Ada Aksi Vandalisme, Lurah Usul Pasang CCTV di Luar Area Tebet Eco Park

ADVERTISEMENT

Ada Aksi Vandalisme, Lurah Usul Pasang CCTV di Luar Area Tebet Eco Park

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 20:14 WIB
Tebet Eco Park Jadi Sasaran Vandalisme (Mulia Budi/detikcom)
Tebet Eco Park Jadi Sasaran Vandalisme (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Aksi vandalisme atau corat-coret liar juga menyasar pagar seng penutup taman Tebet Eco Park. Lurah Tebet Timur, Lukman Haris, akan mengusulkan pemasangan kamera pengawas atau CCTV di area luar taman.

"Saya sudah tanya ke pengelola Eco Park, CCTV di luar tidak ada, yang ada di dalam," kata Lukman Haris kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

"Itu (pemasangan CCTV) salah satunya yang akan saya utarakan (dalam rapat). Dan saya juga sudah mendahului koordinasi dengan Kasatpel Pertamanan, Kecamatan Tebet, untuk turut monitoring pagar agar tidak ada coretan lagi," lanjutnya.

Lukman menyebutkan dia juga akan bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk mencegah aksi vandalisme tersebut agar tak terjadi lagi. Dengan cara melakukan monitoring pad malam hari.

"Saya minta Satpol PP, FKDM, dan PPSU untuk monitor wilayah setiap malam untuk antisipasi coretan tersebut," ujarnya.

Lukman menilai pemasangan CCTV di area luar Tebet Eco Park akan memudahkan pemantauan aksi vandalisme. Hal itu memudahkan petugas untuk mencegah adanya coretan vandal di kawasan tersebut.

"(Pemasangan CCTV di luar Tebet Eco Park) sangat penting, karena bisa kita pantau dan lihat siapa yang mencoret pagar tersebut dan pada jam berapa mereka melakukan aksinya," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan coretan liar pada pagar seng penutup Tebet Eco Park telah dihapus menggunakan cat berwarna putih. Jika muncul coretan lagi, Lukman menyebut pengecatan akan kembali dilakukan.

"Sudah selesai (dicat putih) semua yang dicoret-coret," ujarnya.

Warga Sayangkan Coretan Vandal di Tebet Eco Park

Sebelumnya, pagar seng penutup taman Tebet Eco Park, Jakarta, menjadi sasaran vandalisme atau aksi corat-coret. Salah seorang warga, Budianto (55), menyayangkan adanya coretan di penutup seng taman tersebut.

"Ya nggak baguslah, nggak bagus, kelihatan kumuh gitu. Kalau coretannya ada motif-motifnya, bagus," kata Budianto saat ditemui di kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan coretan di depan Sallo Coffee baru muncul dalam pekan ini. Menurutnya, sebelumnya tak ada coretan di pagar seng pada area tersebut.

"Seminggu yang lalu baru saya lihat coretan di pagar ini (yang depan Sallo Coffee). Ini mungkin pekerjaannya tengah malam kalau untuk pagi, siang, sore karena ramai tidak mungkin dia berani, cuma itu aja yang saya tahu," tuturnya.

Dia berharap coretan vandalisme atau corat-coret liar di Tebet Eco Park tidak bertambah. Menurutnya, hal itu membuat kawasan Tebet Eco Park terlihat kumuh.

"Ya harapannya pada mengertilah, jangan suka coret-coret, gitu aja," ujarnya.

(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT