TransPakuan Imbau Penumpang BisKita Bogor Ngaku Dilecehkan Lapor Polisi

ADVERTISEMENT

TransPakuan Imbau Penumpang BisKita Bogor Ngaku Dilecehkan Lapor Polisi

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 12:03 WIB
Biskita TransPakuan (M Solihin/detikcom)
Biskita TransPakuan (M Solihin/detikcom)
Bogor -

Seorang penumpang wanita mengaku mengalami pelecehan seksual oleh penumpang pria di dalam BisKita TransPakuan Kota Bogor. Direktur Utama (Dirut) TransPakuan Rachma Nissa menjelaskan BisKita memiliki beberapa langkah preventif untuk kejadian tidak diinginkan.

"Di BisKita itu sebenarnya sudah dilakukan tindakan preventif atas potensi-potensi kejadian yang tidak diinginkan. Tindakannya adalah dengan melakukan pemberitahuan setiap ada penumpang naik, di antaranya berupa pemberitahuan soal jaga diri dan barang yang dibawa, tidak diperbolehkan makan dan minum, dan juga untuk selalu melakukan prokes," kata Rachma saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (14/9/2022).

Apabila masih terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, BisKita telah dilengkapi sejumlah kamera CCTV. Nantinya, kamera CCTV tersebut bisa digunakan untuk kepentingan penyelidikan.

Jadi, Rachma mengimbau penumpang yang mengalami kejadian tidak diinginkan di dalam BisKita melapor ke polisi, termasuk tindakan pelecehan. Pihaknya siap membantu mengusutnya.

"Diimbau untuk penumpang yang merasa telah terjadi suatu kejadian di dalam BisKita, bisa melaporkan kepada pihak berwenang. CCTV nantinya dapat digunakan untuk keperluan pemeriksaan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang penumpang wanita mengaku mengalami pelecehan seksual oleh penumpang pria di dalam Biskita TransPakuan Kota Bogor. Penumpang wanita itu mengaku difoto beberapa bagian tubuhnya oleh pelaku saat berada di dalam bus.

"Telah terjadi pelecehan non verbal terhadap saya dan teman saya di bis K2 TP-028 jam 17.38 tanggal 12 Sept. Pelaku foto bagian paha sampai kaki secara diam-diam dan dipergoki oleh perempuan di depan saya dan melaporkan kepada saya," tulis pengguna Instagram seperti dilihat detikcom, Selasa (13/9).

Pejabat Humas Biskita TransPakuan Kota Bogor Gery Widiana Lutfi menanggapi dugaan pelecehan yang dialami penumpang wanita tersebut. Menurutnya, pihaknya belum mendapat aduan atau laporan resmi terkait dugaan pelecehan di dalam Biskita.

"Untuk benar atau tidaknya kejadian itu saya belum pastikan, karena harus buka rekaman cctv yang ada pada unit Biskita yang ditumpangi yang bersangkutan. Kemudian yang diduga mengalami pelecehan itu juga tidak lapor ke pihak kami," kata Gery dikonfirmasi detikcom.

Simak juga 'Cekcok Pemobil dengan BisKita Trans Pakuan Berujung Dicegat Dijalan':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT