Warga Pandeglang Temukan Bom saat Bersihkan Sumur Peninggalan Belanda

ADVERTISEMENT

Warga Pandeglang Temukan Bom saat Bersihkan Sumur Peninggalan Belanda

Aris Rivaldo - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 05:18 WIB
Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi
Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi (Foto: Aris Rivaldo/detikcom)
Pandeglang -

Warga Kampung Darmaga, Desa Wirasinga, Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang, Banten, menemukan bom militer yang sudah kadaluarsa. Warga menemukan bom tersebut di sumur area persawahan bekas peninggalan Belanda.

"Baru selesai melaksanakan evakuasi kegiatan pengamanan penemuan bom militer yang sudah kadaluarsa," kata Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi, kepada wartawan di Polsek Banjar, Pandeglang, Rabu (14/9/22).

Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie RoozandiPenemuan bom militer kadaluarsa di Pandeglang (Foto: dok. istimewa)

Yogie mengatakan bom tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga pada Selasa (13/9/22) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurutnya, saat itu warga tengah membersihkan sumur bekas peninggalan Belanda.

"Perlu diketahui juga bahwa lokasi penemuan sumur peninggalan zaman Belanda yang sudah tua, yang ingin diperbaiki, kemudian dibersihkan kembali lagi. Ketika dibersihkan ditemukan barang yang diduga bahan peledak bom militer yang sudah lama," ucapnya.

Adanya penemuan itu, warga langsung melapor ke Polsek Banjar. Setelah ada laporan, tim dari Satbrimob Polda Banten langsung mendatangi lokasi.

"Setelah adanya penemuan, dilaporkan, ditindaklanjuti melaporkan kepada Kapolres dan kita minta bantuan ke Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten untuk dievakuasi atau penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Yogie menjelaskan bahan peledak tersebut berjenis ukso yang sudah kadaluarsa. Menurutnya, saat ini bahan peledak tersebut akan didata untuk mengetahui usia bom tersebut.

"Kemudian hari ini tadi sudah disampaikan bahwa jenis dari pada bahan peledak ini bom militer jenis ukso yaitu bahan peledak militer yang sudah kadaluarsa, kemudian masih aktif hanya diamankan kemudian untuk didata kemudian dievakuasi. Kemudian untuk selanjutnya dievakuasi Satbrimob Polda Banten," katanya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan benda yang mencurigakan untuk segera melapor kepada pihak kepolisian.

"Apabila masyarakat menemukan yang diduga bom harus melaporkan, jangan sampai dipindahkan," imbuhnya.

Simak juga 'Megawati: Apa Betul Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun? Kok Kesenangan?':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT