Anies dan Riza Hadiri Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur-Wagub DKI

ADVERTISEMENT

Anies dan Riza Hadiri Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur-Wagub DKI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 13 Sep 2022 11:30 WIB
Anies dan Riza hadiri rapat paripurna DPRD DKI (Tiara-detikcom)
Anies dan Riza menghadiri rapat paripurna DPRD DKI. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Rapat ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Pantauan detikcom di ruang rapat DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Anies dan Riza tiba di lokasi pada pukul 11.05 WIB, Selasa (13/9/2022). Anies memakai jas biru dongker, sedangkan Riza memakai jas berwarna hitam.

Keduanya langsung memasuki ruang tunggu. Rapat akan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Masa jabatan Anies dan Riza sebagai Gubernur dan Wagub DKI akan berakhir pada Oktober nanti. DPRD DKI pun menjadwalkan rapat paripurna pemberhentian keduanya sebagai pimpinan DKI.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi di gedung DPRD DKI, Senin (12/9/2022). Edi menyampaikan, setelah mengumumkan pemberhentian Anies, rapat dilanjutkan dengan mengumumkan tiga calon Pj Gubernur DKI usulan DPRD DKI.

Anies dan Riza hadiri rapat paripurna DPRD DKI (Tiara-detikcom)Anies dan Riza menghadiri rapat paripurna DPRD DKI. (Tiara/detikcom)

"Rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022. Kami akan kembali menggelar rapim usulan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta dari masing-masing fraksi," katanya.

Penjadwalan tersebut telah disepakati seluruh jajaran Bamus yang hadir, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali beserta jajarannya.

"Berdasarkan masukan dari pimpinan dan anggota Bamus, telah disepakati rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022 pada 13 September mendatang," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Selasa (30/8).

Untuk diketahui, jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria bakal berakhir pada 16 Oktober 2022. Penjadwalan paripurna tersebut merupakan amanat yang diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada seluruh jajaran DPRD di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang memiliki kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun ini.

"Kemudian dalam edaran yang berisi amanat tersebut dituliskan bahwa kami diberikan waktu, paling lambat paripurna pengumuman pemberhentian itu dilaksanakan 30 hari sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir. Makanya kita tentukan sekarang," ujarnya.

Simak Video 'DPRD DKI Umumkan Berhentikan Anies Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT