Dubes Inggris Tersentuh Belasungkawa Rakyat RI soal Ratu Elizabeth Wafat

ADVERTISEMENT

Dubes Inggris Tersentuh Belasungkawa Rakyat RI soal Ratu Elizabeth Wafat

Silvia Ng - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 18:21 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins. (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

Kedutaan Besar Inggris menerima puluhan karangan bunga dukacita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, mengucapkan terima kasih atas ucapan belasungkawa dari masyarakat Indonesia.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (12/9/2022), pukul 15.15 WIB, tampak berjejer puluhan karangan bunga di sekitar bangunan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris. Terpampang banyak nama tokoh Indonesia, mulai dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jenkins didampingi jajarannya berjalan menyusuri trotoar kantornya. Dia tampak berjalan dengan saksama melihat karangan bunga yang diterimanya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen JenkinsDuta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins. (Silvia Ng/detikcom)

Pada kesempatan itu, Jenkins mewakili pemerintah Inggris mengucapkan terima kasih atas banyaknya ucapan belasungkawa yang disampaikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan berbagai pihak lainnya.

"Kami sangat tersentuh menerima pesan belasungkawa yang tulus dari Yang Mulia Presiden Republik Indonesia Presiden Joko Widodo, dan pada akhir minggu lalu kami merasa terhormat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi yang telah datang ke Kedutaan Besar Inggris, untuk menandatangani buku belasungkawa kami," kata Jenkins kepada wartawan, di Kedubes Inggris, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022).

Jenkins mengatakan wafatnya Ratu Elizabeth II merupakan momen yang menyedihkan bagi kehidupan nasional Inggris. Meski begitu, dia merasa mendapat penghiburan dengan banyaknya ucapan belasungkawa yang diterimanya.

"Saat kami berduka, sungguh merupakan suatu penghiburan karena kami telah menerima begitu banyak pesan yang sangat mengharukan dari teman dan mitra-mitra kami di seluruh Indonesia, yang menunjukkan bagaimana Yang Mulia telah menyentuh kehidupan mereka," ungkap Jenkins.

"Namun bukan hanya Pemerintah Indonesia yang merasakan kehilangan atas kepergian Yang Mulia, karangan-karangan bunga di belakang saya dan di sepanjang dinding Kedutaan Besar Inggris menunjukkan bagaimana dalam 70 tahun pemerintahannya, Yang Mulia Ratu Elizabeth II telah menyentuh kehidupan orang-orang biasa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," lanjutnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga telah menyampaikan ucapan dukacita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Jokowi mengatakan Ratu Elizabeth II merupakan sosok ratu yang sangat dicintai dan dikagumi.

Karangan bunga untuk Ratu Elizabeth di Kedubes Inggris (Istimewa)Karangan bunga untuk Ratu Elizabeth di Kedubes Inggris (Istimewa)

Ungkapan belasungkawa itu disampaikan Jokowi di akun Instagram seperti dilihat detikcom, Jumat (9/9). Tulisan Jokowi di Instagram ini disampaikan dalam bahasa Inggris.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," tulis Jokowi. Cuitannya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi diketahui berkunjung ke kediaman Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. Kedatangan Retno bertujuan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Berdasarkan video yang diterima detikcom, Jumat (9/9), kedatangan Retno disambut langsung oleh Owen Jenkins. Begitu tiba, Retno langsung menandatangani book of condolence.

Retno kemudian tampak berbincang dengan Jenkins untuk menyampaikan belasungkawa dari pemerintah Indonesia. Jenkins pun terdengar berterima kasih atas kedatangan Retno.

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT