Menlu Temui Dubes Inggris, Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Ratu Elizabeth

ADVERTISEMENT

Menlu Temui Dubes Inggris, Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Ratu Elizabeth

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 14:34 WIB
Menlu Temui Dubes Inggris, Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Ratu Elizabeth (dok kemlu)
Menlu RI Temui Dubes Inggris, Sampaikan Belasungkawa atas Wafatnya Ratu Elizabeth (Dok. Kemlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi berkunjung ke kediaman Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. Kedatangan Retno bertujuan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Berdasarkan video yang diterima detikcom, Jumat (9/9/2022), kedatangan Retno disambut langsung oleh Owen Jenkins. Begitu tiba, Retno langsung menandatangani book of condolence.

Retno kemudian tampak berbincang dengan Jenkins untuk menyampaikan belasungkawa dari pemerintah Indonesia. Jenkins pun terdengar berterima kasih atas kedatangan Retno.

Jokowi Berduka Ratu Elizabeth Wafat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga telah menyampaikan ucapan dukacita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Jokowi mengatakan Ratu Elizabeth II merupakan sosok ratu yang sangat dicintai dan dikagumi.

Ungkapan belasungkawa itu disampaikan Jokowi di akun Instagram seperti dilihat detikcom, Jumat (9/9/2022). Tulisan Jokowi di Instagram ini disampaikan dalam bahasa Inggris.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," tulis Jokowi. Cuitannya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Jokowi juga mengunggah foto Ratu Elizabeth II semasa hidup. Jokowi menyampaikan rasa simpati mendalam kepada keluarga Kerajaan Inggris.

"Simpati dan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga Kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris," ujar Jokowi.

Dubes Inggris Berterima Kasih kepada Rakyat Indonesia

Dubes Inggris Owen Jenkins melalui keterangan tertulis mengucapkan terima kasih yang tulus kepada rakyat Indonesia atas ucapan belasungkawanya.

"Atas nama Pemerintah Inggris, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada rakyat Indonesia atas pesan belasungkawa yang telah kami terima dalam beberapa jam terakhir. Kami tersentuh oleh kasih sayang terhadap Yang Mulia Ratu yang dirasakan oleh begitu banyak masyarakat Indonesia," kata Owen dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).

Owen juga turut mengenang dedikasi luar biasa Ratu Elizabeth II saat melayani rakyat Inggris. Ia juga tersentuh dengan kasih sayang rakyat Indonesia terhadap Ratu Elizabeth.

"Hari ini kita kehilangan seorang pemimpin yang luar biasa, Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Wafatnya Yang Mulia, pada hari Kamis 8 September 2022 adalah momen kesedihan dan kehilangan yang mendalam bagi rakyat Inggris dan bagi mereka di seluruh dunia yang hidupnya tersentuh oleh Yang Mulia," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa Ratu Elizabeth telah menginspirasi kehidupan negara Inggris. Sang Ratu disebut telah memberikan layanan tanpa henti.

"Yang Mulia telah menjadi kehadiran yang konstan dan menginspirasi dalam kehidupan negara kami selama lebih dari tujuh dekade, memberikan layanan tanpa henti bagi Inggris, Kerajaan dan Persemakmuran," ujarnya.

Dia juga menyebut Ratu Elizabeth adalah diplomat terhebat Inggris. Dia merasa bangga.

"Dedikasinya yang luar biasa untuk melayani rakyat Inggris dan hubungan global kami, termasuk dengan Indonesia, menjadikannya diplomat terhebat kami. Saya merasa sangat terhormat dan bangga dalam kehidupan profesional saya, sebagai Duta Besar dan diplomat, untuk memberikan pelayanan terbaik saya kepada Yang Mulia. Saya juga merasa terhormat untuk menyaksikan secara langsung pesona, kecerdasan, kebijaksanaan, dan profesionalisme Yang Mulia," tuturnya.

Simak video 'Dubes Inggris Apresiasi Belasungkawa Rakyat RI ke Ratu Elizabeth II':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT