ADVERTISEMENT

Legislator Golkar Desak BSSN-Siber Polri Tangkap Sosok di Balik Bjorka

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 06:28 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Foto: Bobby Rizaldi (Ari Saputra/detik)
Jakarta -

Hacker Bjorka ramai diperbincangkan setelah membocorkan data dan mengungkap kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir di media sosial. Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar, Bobby Rizaldi meminta Badan Siber Sandi Negara (BSSN) dan Siber Polri untuk menelusuri dan menangkap orang di balik Bjorka.

"Ya, sesuai dengan Perpres 28 tahun 2021, BSSN menjalankan tugas pemerintahan di bidang kamsiber, segera bertindak, investigasi, menelusuri dan bersama divisi Cyber Crime Polri menangkap pelaku nya," kata Bobby saat dihubungi, Minggu (11/9/2022).

Bobby menjelaskan dalam Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) pengendali data baik lembaga negara maupun swasta berkewajiban untuk melindungi data warga negara Indonesia (WNI). UU tersebut sampai saat ini belum disahkan. Dia berharap dengan dibangunnya Comp Security Incident Response Team (CSIRT) ke depan kebocoran data pribadi bisa dicegah.

"UU PDP memastikan setiap pengendali data, baik lembaga publik/negara, atau swasta, berkewajiban untuk melindungi data milik warga negara Indonesia. Koordinasi antar lembaga akan diatur juga dalam UU ini, termasuk kerjasama antar lembaga negara," ujarnya.

"Saat ini baru tahun 2023 Pemerintah akan membangun CSIRT dengan BSSN sebagai koordinator bersama Deputy VI BIN dan Kemenkominfo. Semoga sampai CSIRT ini terbentuk, peretasan dan kebocoran data di lembaga negara bisa di cegah dan data pribadi milik masyarakat terlindungi," lanjutnya.

Bobby mengatakan publik menunggu kesiapan BSSN dan Siber Polri untuk menangkap pemilik akun Bjorka.

"Untuk menangkap Bjorka, BSSN lead sector nya bersama div cyber crime Polri, publik menunggu apakah dua lembaga ini sudah siap," imbuhnya.

Bjorka Umbar Data di Medsos

Hacker Bjorka sebelumnya menjual data pengguna sampai mengumbar ada kebocoran data registrasi SIM card prabayar yang isinya meliputi NIK, nomor KK, nomor telepon, dan tanggal registrasi.

Bahkan, ia juga membeberkan data pribadi Menkominfo Johnny G Plate dan mengaku mempunyai dokumen rahasia Presiden RI milik Joko Widodo (Jokowi). Terakhir, Bjorka juga mengatakan siapa otak pembunuhan aktivis Munir pada 2004.

Bjorka juga menyenggol sejumlah pejabat tinggi di Twitter, mulai dari Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Ketua DPR Puan Maharani, sampai Menteri BUMN Erick Thohir. Denny Siregar juga tak luput dicolek Bjorka.

Hal itu diketahui dari cuitan terakhir @bjorkanism pada hari ini, Minggu (11/9/2022). Saat ini, akun Bjorka sudah tidak dapat diakses.

Simak video 'Aksi Bjorka di RI: Bocorkan 1,3 M Data SIM Card-Klaim Retas Dok Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT