Legislator PKS Usul Polemik Gereja Cilegon Dituntaskan Lewat Kearifan Lokal

ADVERTISEMENT

Legislator PKS Usul Polemik Gereja Cilegon Dituntaskan Lewat Kearifan Lokal

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 11 Sep 2022 07:21 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf (Dok. Istimewa)
Foto: Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Video disertai narasi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta menandatangani penolakan pendirian gereja di Cilegon viral. Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, berharap polemik terkait rencana pendirian gereja itu dituntaskan lewat aturan dan kearifan lokal.

"Masyarakat kita itu sudah dewasa dan jangan diprovokasi hal-hal yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat," kata anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS, Bukhori, kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).

"Karenanya saya memandang kasus pendirian rumah ibadah di Cilegon dikembalikan kepada aturannya dan kearifan lokal masing-masing. Sehingga ketika berdiri hal-hal itu tidak menimbulkan masalah di tengah-tengah masyarakat, tapi harus menjadi perekat bagi kehidupan bermasyarakat," tambahnya.

Dia mengingatkan semua pihak agar menahan diri. Bukhari mengaku tak ingin agama malah dikesankan sebagian orang sebagai sumber konflik.

"Jangan sampai agama justru dikesankan lain oleh sebagian orang bahwa agama itu sumber konflik. Padahal agama apapun itu hadir menawarkan kedamaian dan persaudaraan," ucapnya.

Viral Penolakan Gereja di Cilegon

Sebelumnya, video Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta ikut menandatangani penolakan pendirian gereja viral. Helldy buka suara soal peristiwa itu.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (7/9). Massa yang menamakan diri Komite Penyelamat Kearifan Lokal Kota Cilegon awalnya mendatangi gedung DPRD Cilegon untuk menyampaikan aspirasi soal penolakan rencana pendirian gereja Maranatha di Cikuasa, Gerem, Kota Cilegon.

Massa sempat membacakan pernyataan sikap yang dihadiri oleh Ketua hingga Wakil Ketua DPRD Cilegon. Massa kemudian membentangkan kain putih untuk membubuhkan tanda tangan penolakan.

Simak Video: Heboh Walkot Cilegon Tanda Tangani Spanduk Tolak Pendirian Gereja

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT