Menlu Retno: Persiapan G20 On The Right Track

ADVERTISEMENT

Menlu Retno: Persiapan G20 On The Right Track

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 15:02 WIB
Menlu Retno LP Marsudi
Menlu Retno LP Marsudi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menlu RI Retno LP Marsudi mengatakan persiapan pelaksanaan acara G20 di Indonesia sudah 'on the right track'. Persiapan matang itu meliputi sektor logistik hingga substansi acara G20.

"Kita tadi siapin G20 dari semuanya, logistik, kesiapan beberapa perkembangan substansi," kata Retno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2022).

Retno bersama Menkeu Sri Mulyani hari ini melaporkan persiapan G20 itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Retno juga menyampaikan bahwa sebelum acara puncak KTT G20 di Bali, bakal ada sejumlah pertemuan tingkat menteri.

"Kita menyampaikan kepada Bapak Presiden segala persiapannya dari Agustus sampai September ada 6 pertemuan tingkat menteri, lalu nanti Oktober November masih ada 8 pertemuan tingkat menteri sampai pada menuju ke KTT G20. Tapi persiapannya alhamdulillah on the right track," imbuh Retno.

Seperti diketahui, acara G20 ini menjadi salah satu agenda yang menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi juga menyinggung acara G20 itu saat menyampaikan pidato dalam sidang tahunan di MPR.

Jokowi awalnya berbicara tentang Indonesia yang merespons cepat bangkit dari pandemi COVID-19. Jokowi mengatakan Indonesia telah menunjukkan kepada dunia sebagai bangsa yang tangguh.

"Dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh," ujar Jokowi pada 16 Agustus 2022.

Jokowi kemudian bicara panjang lebar mengenai kekuatan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Kekuatan Indonesia itu meliputi sumber daya alam hingga bonus demografi.

Barulah Jokowi kemudian berbicara kepercayaan dunia terhadap Indonesia. Jokowi mengatakan Indonesia dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Pada 2022 ini, menurut Jokowi, Indonesia menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di
dunia.

Lalu tahun depan Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Jokowi mengatakan hal ini menunjukkan Indonesia berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional.

Simak juga video 'Tim Pencarian dan Penyelamat dari 20 Negara Berlatih di Bali Jelang KTT G20':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT